Libur Panjang, Anies Ingatkan Waspada Penularan Klaster Keluarga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • youtube.com/ tvOneNews/

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengimbau agar semua elemen masyarakat mewaspadai adanya klaster keluarga selama lima hari liburan panjang yang dimulai hari ini, Rabu, 28 Oktober 2020. Anies mengingatkan demikian karena kasus COVID-19 masih tinggi.

Partai-partai Pengusung Anies Sudah Sangat Cair dan Bisa Gabung Prabowo, Menurut Pengamat

“Pada saat hari hari libur terjadi interaksi yang lebih intensif. Kita mengunjungi keluarga, mengunjungi kolega berkegiatan bersama. Di sini potensi penularan muncul,” kata Anies dikuti dari laman Youtube Pemrov DKI Jakarta, Rabu, 28 Oktober 2020.

Anies menjelaskan, COVID-19 tak mengenal tempat. Kata dia, virus tersebut bisa menular di mana dan kapan saja. 

PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Selain menular di tempat publik, menurutnya, penularan di ruang-ruang privat itu sangat tinggi. Angkanya di Jakarta ini untuk klaster-klaster 30 persen dari kasus positif yang ditemukan di Jakarta adalah klaster keluarga. 

Menurut Anies, untuk jumlah klasternya 4.684 total positif sampai 36 .659 kasus.

Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat

“Artinya, banyak sekali penularan yang justru terjadi dalam keluarga. Kita sering karena merasa kenal, merasa saudara, maka tidak menggunakan masker dengan baik, tidak menjaga jarak, tidak mencuci tangan,” ujarnya 

Ia menambahkan, masyarakat jangan hanya disiplin saat berada di kendaraan umum dengan melakukan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker serta hindari kerumunan warga.

“Pada saat kita berada di kendaraan umum, kita disiplin menjalankan 3M. Kita berada di tempat-tempat banyak orang kita pakai masker, tapi ketika bertemu dengan keluarga kolega, orang yang kita kenal, mendadak kita merasakan turun kedisiplinan itu,” ujar eks Mendikbud itu.

Maka itu, ia menilai, penularan bisa terjadi lewat orang yang dikenal ataupun tidak dikenal. Anies menekankan agar masyarakat jangan lupa melaksankan 3M.

“Saya mengajak semuanya di masa liburan ini mari kita berlibur sambil menjaga kesehatan, menjaga keselamatan, melindungi sesama, ketika kita ingin melindungi saudara kita pakai masker,” ujarnya. (ase)

#ingatpesanibu
#jagajarak
#pakaimasker
#satgascovid19
#cucitanganpakaisabun

Baca Juga: Update Corona Nasional 28 Oktober: Total Kasus Sembuh Sudah 325.793
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya