2 Hari Usai Libur Panjang, Anies: Belum Ada Kenaikan Kasus COVID-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan memastikan setelah dua hari usai libur panjang akhir Oktober 2020 ini belum ada data kenaikan secara khusus terhadap kasus COVID-19. 

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Kalau 1-2 hari ini belum ada yang khususnya," kata Anies di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa, 3 November 2020. 

Anies menuturkan, saat ini sedang membahas perkembangan penanganan COVID-19 di Jakarta, memang untuk bisa mengetahui efek dari libur panjang diperlukan waktu beberapa hari ke depan. 

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

"Sekarang hari kedua tapi yang pasti bahwa dilaporkan Dishub DKI bahwa kepadatan lalin meningkat sangat signifikan sejak Senin kemarin," ujarnya. 

Anies pun memantau terus perkembangan gugus tugas di RT dan RW, dikoordinasi oleh para lurah memantau bila ada orang-orang yang memiliki keluhan maka akan dipandu untuk bisa segera ke puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan awal. "Jadi, itu untuk deteksinya," katanya. 

Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran di KPU, Anies Ungkit Pilpres 2024 Banyak Catatan

Kedua, mengenai kapasitas ruang rawat inap isolasi itu saat ini di bawah 55 persen tingkat keterisiannya. Untuk ICU 58 persen tingkat keterisiannya. 

"Tentu kita enggak berharap ini melonjak tapi bahwa kapasitasnya ada. Bahkan tempat-tempat isolasi hotel itu tingkat keterisiannya hanya 21 persen sekarang," ujarnya. 

Maka, Anies bersyukur bahwa angkanya menurun. Harapannya nanti tidak meningkat tinggi, meski pernah mencapai lebih dari 60 persen. Saat ini hanya 21 persen. 

"Jadi kita waspada dan kepada seluruh masyarakat tetap menggunakan masker dimanapun kapanpun dan tetap jaga jarak dan cuci tangan secara teratur," katanya. 

Seperti diketahui, jumlah pasien COVID-19 masih tinggi, maka jangan lupakan 3M: memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya