Sekolah di Jakut Harus Punya Kantin Kejujuran

VIVAnews - Walikota Jakarta Utara Bambang Sugiyono mengimbau semua sekolah di Jakarta Utara mengadakan kantin kejujuran. Sebab, bagi Bambang, kantin ini bisa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam hal mengembangkan budi pekerti, khususnya budaya jujur bagi para generasi muda di lingkungan sekolah.

“Kejujuran memang tidak bisa dipaksakan, namun pemupukan budaya kejujuran sejak dini sangat penting. Melalui kantin kejujuran bisa mendidik generasi muda untuk lebih baik," kata Bambang.

Di Jakarta Utara terdapat 334 sekolah yang terbagi menjadi 269 Sekolah Dasar Negeri (SDN), 37 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN), dan 28 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN).

Bambang menambahkan sekarang ini sekolah di Jakarta Utara yang punya kantin kejujuran baru ada 11 unit.

Dia berharap tidak hanya sekolah, seluruh kantor pemerintahan ( 31 kelurahan dan enam kecamatan) juga diimbau membangun warung kejujuran. Tujuannya untuk menegakkan kejujuran seluruh PNS.

"Saya juga akan membuat kantin kejujuran di lingkungan kantor walikota," katanya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Dasar Istiarningtyas mendukung pemikiran Walikota Bambang. Soalnya di kantin, siswa membayar langsung dengan cara memasukkan uang ke kotak sesuai dengan harga barang yang dia ambil.

"Di sinilah mereka dilatih untuk berperilaku jujur. Dan program ini mulai berjalan pada 11 sekolah yang sudah memiliki kantin kejujuran, termasuk SMPN 30 sebagai pelopor untuk Jakarta Utara," kata Istiarningtyas.

Kemudian Istiarningtyas bercerita tentang pengalaman kantin kejujuran milik SMPN 30 pada 2009. Kantin ini pernah rugi sampai Rp 145 ribu. Tapi, kerugian terus berkurang dan sekarang ini hanya rugi sekitar Rp 4.500 saja.

"Ini bertanda bagus, mungkin saja minus tersebut karena uang yang dibelanjakan tak ada kembalian. Oleh karena itu ke depan, kotak uang receh untuk kembalian akan ditempatkan juga sehingga siswa dapat mengambil kembaliannya sendiri," katanya.

Laporan | Arnes Ritonga | Jakarta Utara

3 Skenario Timnas Indonesia U-23 Tembus Olimpiade 2024
Salshabilla Adriani.

Diisukan Jadi Orang Ketiga, Salshabilla Adriani Ngaku Udah Ngobrol Sama Syifa Hadju-Rizky Nazar

Menyadari posisinya kini tengah menjadi sorotan, Salshabilla Adriani memberikan klarifikasi yang menyatakan bahwa ia tidak menyangka tiba-tiba terseret gosip miring.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024