Daftar Pejabat Pemprov DKI Diperiksa soal Kerumunan Massa Habib Rizieq

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA – Beberapa pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dimintai klarifikasi oleh aparat keamanan soal kegiatan acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW oleh Imam Besar Front Pembela Islam, Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Yang diminta itu pak gubernur, kepala Satuan Polisi Pamong Praja, wali kota Jakarta Pusat, camat, dan lurah," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 17 November 2020.

Dalam hal pemeriksaan ini, kata Riza, nantinya Gubernur DKI Anies Baswedan yang akan menyampaikan lebih detail kepada masyarakat secara umum soal keramaian di lokasi Habib Rizieq Shihab tersebut.

Tom Lembong Pilih Setia di Gerakan Perubahan: Saya Satu Paket dengan Anies Baswedan

"Ya nanti pak gubernur akan konferensi pers menyampaikan seluruh proses, dan seluruh rangkaian apa yang sedang kita lakukan, terkait penanganan pencegahan, termasuk di Petamburan sudah sampaikan surat wali kota, sanksi, sudah," ujarnya.

Baca juga: Diperiksa Hampir 10 Jam, Anies Baswedan Dicecar 33 Pertanyaan

Anies soal Tawaran Jadi Menteri di Kabinet Prabowo: Belum Ada yang Ngajak

Bahkan, kata politikus Partai Gerindra itu, sudah dikeluarkan surat pencegahan agar tidak digelar kegiatan keagamaan karena bakal menghadirkan kerumunan di kawasan itu.

"Surat pencegahan sudah. Baliho sosialisasi sudah. Namun demikian kalau sudah ada pertanyaan lainnya yang dipertanyakan pak gubernur, selesai dari polda akan disampaikan ke publik," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, telah menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 di Mapolda Metro Jaya pada Selasa, 17 November 2020. Anies dipanggil sebagai saksi dan menjalani pemeriksaan hampir 10 jam. 

“Alhamdulillah, saya sudah selesai memenuhi undangan untuk memberikan klarifikasi dan prosesnya berjalan dengan baik,” kata Anies di Mapolda Metro Jaya.

Sejak pukul 10.00 WIB, Anies dicecar oleh penyidik sebanyak 33 pertanyaan yang disampaikan menjadi laporan sepanjang 23 halaman. Menurut dia, semua pertanyaan sudah dijawab sesuai dengan fakta yang ada sehingga tidak ditambah dan tak dikurangi.

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya mengundang 14 orang untuk dimintai klarifikasi terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan dalam kegiatan pernikahan Syarifah Najwa Shihab putri dari Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan. Sebanyak 14 orang itu berasal dari Pemprov DKI Jakarta, panitia pernikahan, dan tamu yang hadir.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya