Copot Baliho Habib Rizieq, Dandim Jaksel: Banyak Dipasang Lagi

Kapolres Jaksel Kombes Budi Sartono (kiri) dan Dandim 0504, Kolonel Ucu Yustiana
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Komandan Kodim (Dandim) 0504 Jakarta Selatan Kolonel Inf Ucu Yustiana mengatakan, TNI, Polri, dan Satpol PP sejak bulan lalu sudah mulai menertibkan baliho bergambar Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab yang terpampang di wilayah Jakarta Selatan.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK

"Sebenarnya kalau total yang sudah diturunkan Satpol PP, kepolisian dan TNI di Jakarta Selatan sejak bulan lalu sudah puluhan,” ujar Ucu ketika dikonfirmasi, Jumat, 20 November 2020

Ucu menyebut, ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang kembali memasang baliho Habib Rizieq kembali. “Tapi banyak dipasang lagi," kata Ucu.

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

Seperti diketahui, Pangdam Jaya, Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman, mengakui bahwa sejumlah pria yang mencopot Baliho Habib Rizieq adalah anggotanya.

"Oke, ada berbaju loreng menurunkan baliho Habib Rizieq, itu perintah saya. Saya yang perintahkan mereka untuk turunkan baliho tersebut," kata Dudung, di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, 20 November 2020.

Baliho Ambruk Timpa Mobil di Parung Bingung, Arus Lalulintas Tersendat

Sebab, lanjut Dudung, Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta beberapa kali berusaha mencopot baliho itu, tapi selalu gagal. Massa FPI dinilai nekat memasang baliho itu lagi.

"Karena beberapa kali Satpol PP menurunkan, dinaikkan lagi. Jadi saya perintahkan anggota TNI yang turunkan," ujar Dudung.

Ia menegaskan, sejumlah pria berbaju loreng yang mencopot baliho Habib Rizieq adalah anggota Garnisun. Pencopotan ini dilakukan sebagai penertiban terhadap atribut yang dipasang di area publik.

Dandim 05/01 JP BS Kolonel Inf Luqman Arief memimpin langsung patroli keamanan dan pembersihan itu. Pencopotan baliho dan spanduk tak berizin itu dilakukan dengan menerjunkan 500 personel. 

"Ini giat tiga pilar sebagai patroli pengamanan ini juga kami melakukan pelepasan baliho-baliho yang terpasang tidak sesuai aturan. Ada 500 personel yang diterjunkan dalam giat ini," kata Luqman, Jumat, 20 November 2020.

Beberapa kendaraan taktis yang diturunkan dalam pengamanan di wilayah Jakarta Pusat itu adalah empat panser anoa dan puluhan motor yang dikendarai baik oleh petugas TNI serta Brimob Polri. Rute pengamanan yang dilakukan oleh petugas gabungan itu mulai dari ke arah Jalan Budi Kemuliaan, lalu berbelok ke arah Jalan Abdul Muis, lalu ke arah Pasar Tanah Abang, dan mengarah ke kawasan Petamburan. 

Baca juga: PA 212: Jika Habib Rizieq Diperiksa, Kerumunan Massa akan Lebih Besar

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya