Jemaah Abuya Uci Membeludak saat Haul Syekh Abdul Qadir Jailani

Haul Syekh Abdul Qadir Jailani yang dihadiri Abuya Uci
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Jemaah Abuya Turtusi atau biasa dipanggil Abuya Uci memenuhi lokasi pengajian yang berada di Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyyah, Kampung Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, Minggu 29 November 2020. 

Guyon Gus Yahya Sebut Cak Imin Kalah Pilpres, Anies: yang Penting Usaha

Nampak jemaah yang hadir membeludak dan tidak terlihat adanya yang jaga jarak. Padahal saat ini tengah masa pandemi corona atau COVID-19, yang mewajibkan warga untuk selalu menjaga jarak agar penularan virus mematikan tersebut bisa dihentikan.

Dalam unggahan di Twitter oleh akun @QaillaAsyiqah yang dikutip VIVA, Senin 30 November 2020, terlihat jemaah yang hadir sangat banyak. Video yang ditampulkan dalam cuitan akun tersebut terlihat Abuya Uci dengan berjalan didampingi oleh jemaah menuju mimbar.

Haul ke-14 Gus Dur Bertemakan Etika Demokrasi, Begini Maknanya

"Masya'Allah.. Ribuan jamaah dalam acara Haul Syech Abdul Qadir Al-Jaelani yg ke 62 | Abuya UCI di dampingi jamaah menuju mimbar.. Banten (29/Nov/2020)," tulis akun itu.

Cuitan ini menuai kontroversi, bahkan banyak warganet yang menyolek akun Menkopolhukam Mahfud MD yang meminta untuk menindak pelaksanaan tersebut karena dihadiri begitu banyak massa. Mereka membandingkan kerumuman di Petamburan oleh jemaah Habib Rizieq dengan jemaah Abuya Uci.

Mantan Menteri Agama hingga Dubes Kerajaan Belanda Hadiri Haul ke-14 Gus Dur

"@MenjejakBumi: Pak @mohmahfudmd kapankah kalian bisa berlaku adil terhadap rakyat Indonesia? Saya pribadi rasanya teriris, tersayat hati ini menyaksikan ketidakadilan di depan mata HRS dicari2 kesalahan nya padahal banyak juga kerumunan yg lain tp aman2 sj!," tulis akun tersebut.

Diketahui, Abuya Uci hadir merupakan salah satu pengasuh pesantren tersebut yang menggelar acara haul Syekh Abdul Qadir Jailani. Sedianya, dalam acara tersebut, ada 1.500 jemaah santri dan keluarga akan hadir. Bersama dengan pemerintah daerah. Sebelumnya pihak penyelenggara pun sepakat akan menerapkan protokol .kesehatan COVID-19, mulai dari penggunaan masker, hingga penerapan rapid test. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya