Viral, Video Dua Pengendara Motor Lempar Kantong Sampah ke Kali

Foto tangkapan layar pembuangan sampah liar.
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Aksi pembuangan sampah liar kembali terjadi di Kali Babelan Kabupaten Bekasi. Pengendara dengan sengaja membuang sampah dengan cara melemparkannya sambil tetap berkendara sepeda motor.

Peristiwa yang terekam kamera CCTV ini terjadi pada Minggu 29 November 2020. Alhasil, video itu pun viral di sejumlah media sosial, termasuk facebook. Salah satunya, akun facebook Adi Sutopo menyebut pelat nomor kendaraan itu B 3105 FMF.

Video berdurasi 37 detik tersebut memperlihatkan dua orang berkendara sepeda motor membawa kantong berwarna biru yang isinya diduga sampah. Pengendara yang berboncengan itu melemparkan sampah tersebut ke sungai.

Sekretaris Kelurahan Bahagia di Kecamatan Babelan, Mawardi, mengatakan pihaknya bersama tiga pilar sudah mengecek pelat nomor kendaraan tersebut. Pengecekan itu berdasarkan hasil penelusuran dari rekaman kamera CCTV.

"Dan pemilik kendaraan itu sudah dipanggil, hanya saja sepeda motor itu bukan miliknya, dan sudah dijual ke showroom," kata Mawardi, Senin 30 November 2020.

Pemulung Jadi Ujung Tombak Pengumpulan Sampah, IPI: Banyak yang Belum Mengapresiasi Mereka

Baca juga: 29 WNI Anggota Jamaah Tabligh Dipulangkan dari India

Mawardi mengaku, Kali Kebon Bayam itu sering dilakukan pembersihan sampah oleh petugas. Terutama gundukan sampah yang kerap terjadi di tengah aliran kali. "Hampir setiap bulan dilakukan pembersihan," katanya.

Kali Bekasi kini sudah dipenuhi gundukan sampah yang menggunung. Sampah itu terdiri dari sampah kayu dan sampah rumah tangga.

"Sudah kita kerahkan 100 personel untuk mengangkut dan membersihkan tumpukan sampah di Kali Bekasi," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Senin 30 November 2020.

Tim Katak, kata dia, telah mengangkut sampah dari kali ke permukaan. Seluruh kayu itu diangkat dengan cara estafet menuju truk sampah. “Seluruh truk sampah sudah disiapkan juga,” lanjut Tri. (ren)

Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Viral Curhat Penumpang Dipaksa Transfer Uang Rp100 Juta oleh Driver Taksi Online

Kisah seorang perempuan bernama Cindy Claudia Pangestu mengadu dipaksa untuk mentransfer uang Rp100 juta ke rekening pengemudi taksi online viral di media sosial.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024