Anies Baswedan-Riza Positif COVID-19, Balai Kota Didisinfektan

Penyemprotan Disinfektan di Gedung Balaikota DKI Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 150 petugas serta 110 petugas kebersihan dari Biro Umum dan ASD untuk melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh gedung kompleks Balai Kota pada Selasa, 1 Desember 2020.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Penyemprotan disinfektan dilakukan dalam rangka menindaklanjuti permintaan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Biro Umum untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 di lingkungan Balai Kota Jakarta.

Kepala Dinas Gulkarmat Provinsi DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, mengatakan para petugas pemadam kebakaran akan dilengkapi 41 unit power sprayer dan satu unit watermist dalam melakukan penyemprotan disinfektan.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

"Seluruh ruangan dan lantai di Kompleks Balai Kota akan disemprot disinfektan. Petugas damkar kita juga dibantu sekitar 30 petugas pamdal Balai Kota," ucap Satriadi di Jakarta.

Adapun rincian lokasi yang akan disemprot disinfektan di Kompleks Balai Kota Provinsi DKI Jakarta yaitu, Gedung Blok A sampai G, Balai Agung, termasuk luar gedung Balai Kota DKI Jakarta. "Setelah penyemprotan disinfektan, kita langsung melakukan dekontaminasi petugas dan peralatan," kata Satriadi.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Sementara itu, Kepala Seksi Pengendali Operasi Dinas Gulkarmat DKI Jakarta, Mulyanto, menegaskan penyemprotan disinfektan sejatinya sudah menjadi kegiatan rutin setiap Jumat sore di gedung Balai Kota. Namun untuk kali ini, kegiatan tersebut akan dilakukan selama tiga hari berturut-turut.

Diketahui, gedung utama Balai Kota yang lokasinya berbeda dengan kantor gubernur dan wakil gubernur akan tetap beroperasi dengan protokol kesehatan ketat.

"Kita melaksanakan penyemprotan disinfektan di gedung Balai Kota adalah perintah dari pimpinan (Gubernur DKI Jakarta), permintaan dari Biro Umum untuk melaksanakan sterilisasi di gedung Balai Kota. Itu biasanya kita laksanakan setiap hari Jumat sore, namun tadi siang kita dapat perintah dari pimpinan untuk melaksanakan hari ini selama tiga hari,” ujar Mulyanto.

Pada Selasa, Rabu dan Kamis, dia meluncurkan anggota kurang lebih sekitar 150 orang yang terdiri dari bidang penyelamatan Sudin Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur. 

“Kita minta anggota yang dari sudin-sudin (wilayah). Untuk di Balai Kota, setiap penyemprotan 150 orang. Semua area gedung Balai Kota. Semua. Pokoknya yang di area gedung Balai Kota, semua kita semprot," ujar Mulyanto. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya