Polisi Ungkap Narasi Penyebar Video Azan Ajakan Jihad yang Bikin Gaduh

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.
Sumber :
  • humas.polri.go.id

VIVA – Penyebar masif video azan ditambah dengan kalimat “hayya alal jihad”, yaitu H menambahkan caption pada unggahannya di Instagram. Caption itu diyakini memicu kegaduhan di masyarakat.

Viral Muazin di Dubai Ubah Lafal Azan saat Badai, Apa Hukumnya?

"Dengan disertakan kalimat-kalimat seruan untuk melakukan aksi jihad di antaranya “Allahu Akbar, panggilan Jihad dimana-mana sudah berkumandang”. Setelah mendapatkan video tersebut kemudian pelaku mengunggahnya ke akun Instagram @hashophasan milik pelaku," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Jumat, 4 Desember 2020.

H mem-posting pertama kali video ini di akun Instagram-nya tersebut pada 29 November 2020 lalu. Di mana dia mem-posting empat video pada hari itu. Video itu didapatnya dari WhatsApp Grup. Dimana WAG itu bernama FMCO (Forum Muslim Cyber One) News.

Hujan Badai di Dubai: Muazin Ubah Lafadz Azan, Netizen: Merinding!

"Mem-posting 4 video dengan narasi 'Ust alghifary banten, ponpes hbb bahar, pasuruan dan wilayah lain.. Semua #seruan #jihad #muslim'," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video orang yang mengumandangkan azan di jejaring media sosial YouTube menjadi viral. Azan memang sudah biasa dikumandangkan setiap waktu salat, baik di musala maupun di masjid-masjid yang ada di pelosok negeri ini.

Kisah Mualaf Bos Jalan Tol Jusuf Hamka, Bicara Toa Masjid hingga Diangkat Anak Buya Hamka

Namun, yang membuat ramai di media sosial karena lafal suara azan ditambah dengan kalimat “hayya alal jihad” oleh muazin tersebut.

Dalam sebuah video pendek di laman YouTube yang berjudul 'Merinding Azan di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin Pimpinan Al Habib Bahar Bin Smith', Senin, 30 November 2020.

Baca juga: Pengakuan Mengejutkan Penyebar Video Azan Ditambah Ajakan Jihad

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya