Waspada Hujan Lebat di Jakarta Senin Pagi

Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat akan mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya pada Senin pagi, 7 Desember 2020. Masyarakat yang akan beraktivitas perlu waspada karena hujan dilaporkan mulai terjadi sejak Senin dini hari. 

Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), bahwa hampir seluruh wilayah di Ibu Kota berpotensi turun hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Potensi hujan turun mulai pukul 03.30 WIB hingga pukul 06.30 WIB (data akan terus diperbarui).

"Peringatan Dini #Cuaca DKI Jakarta Durasi: Pukul 03.30 WIB s.d. pukul 06.30 WIB Senin, 07 Desember 2020," demikian tulis peringatan dini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Twitter resminya. 

BPBD mengingatkan kewaspadaan masyarakat dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, camat, dan lurah wilayah rawan terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat di seluruh Jakarta, Senin dini hari.

"Kepada OPD terkait, para camat, dan lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan siagakan PPSU dan Satgas Banjir Kecamatan," lanjut pengumuman tersebut.

Yang patut diwaspadai dari potensi hujan lebat ini adalah banjir. Sebelumnya dilaporkan sebanyak 23 RT di Jakarta masih tergenang banjir. Berdasarkan laporan hingga Senin dini hari, pukul 00.00 Wib, banjir disebabkan luapan Kali Ciliwung akibat hujan yang cukup deras yang mengguyur Jakarta sejak Minggu siang hingga malam hari.