Buat Kerumunan, Tim Pemburu COVID-19 Akan Lakukan Rapid Test

Tim Pemburu COVID-19 lakukan rapid test terhadap warga yang berkerumun.
Sumber :
  • VIVA/Wilibrodus

VIVA – Tim Pemburu COVID-19 DKI Jakarta kembali melakukan pembubaran terhadap kerumunan massa di wilayah Jakarta. Di Jakarta Pusat, sejumlah kerumunan kelompok anak muda ditemukan aparat, yakni di kawasan Jalan Sudirman.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kali ini, massa yang ditemukan berkerumun tak langsung dibubarkan. Mereka yang ditemukan berkerumun ini wajib mengikuti rapid test yang telah disiapkan oleh Tim Pemburu COVID-19 tersebut. 

Karoops Polda Metro Kaya Kombes Pol Marsudianto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta, Satpol PP, dan TNI melaksanakan kegiatan rapid test terhadap kerumunan massa yang ada di sepanjang Jalan Sudirman. Hal ini sebagai bentuk tindak lanjut dari instruksi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melakukan pengecekan kesehatan bagi warga luar yang masuk ke DKI Jakarta.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Sesuai dengan perintah pimpinan juga kami lakukan kegiatan pembubaran massa atau kerumunan-kerumunan, sekaligus kami ingatkan apabila ada mereka yang positif atau reaktif akan kami kirim ke Wisma Atlet. Namun, apabila tidak akan kami perintahkan segera pulang," kata Marsudianto, di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu dini hari 20 Desember 2020.

Marsudianto melanjutkan, bahwa apabila dalam kesempatan ini ada yang menolak dan masih ada yang berkerumun, maka pihaknya akan lakukan penindakan hukum. Jadi, Tim Pemburu COVID-19 ini mengimbau masyarakat, agar tidak lagi berkumpul.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Apabila menolak dan masih ada yang berkumpul, kami akan lakukan penindakan hukum. Kami minta masyarakat, agar tidak berkumpul atau berkerumun baik siang, malam, ataupun pagi. Sebaiknya di rumah saja untuk menjaga kesehatan," lanjutnya.

Sementara itu, Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengungkapkan, bahwa pihaknya bersama TNI, Polri, dan Dinas Kesehatan melakukan pengawasan protokol kesehatan di wilayah Jakarta. Dalam kegiatan pengawasan protokol kesehatan ini, pihaknya telah melakukan rapid test terhadap 52 orang.

"Kami lakukan pengawasan protokol kesehatan dan di salah satu titik, kami temukan banyak sekali remaja yang sedang berkerumun saat tengah malam sampai dini hari ini. Kepada mereka, kami lakukan rapid test dan alhamdulillah hasilnya non reaktif semua," ungkap Arifin di lokasi yang sama. 

Para remaja yang ditemukan berkerumun ini, langsung diimbau dan diperingatkan untuk tidak berkerumun lagi. Apabila dalam beberapa waktu mendatang, ditemukan kelompok remaja ini berkerumun lagi, maka Tim Pemburu COVID-19 ini akan mengambil tindakan tegas.

Dalam kegiatan pengawasan ini, beberapa orang ternyata datang dari luar Jakarta. Tim Pemburu COVID-19 mengimbau, agar para orang tua memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya.

"Bukan hanya warga Jakarta saja, tapi ada yang dari Tangerang, Tangerang Selatan, Pondok Gede, dan daerah lainnya. Ini sudah larut malam, saya minta kepada orang tua untuk selalu mengawasi putra-putrinya," kata Arifin.

Baca juga: Catat, Bakal Ada Pre Order Rapid Test Antigen-PCR di Bandara

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya