TPU Srengseng Sawah Mulai Digunakan untuk Pemakaman Jenazah COVID-19

Antrean mobil ambulans jenazah COVID-19 di TPU Srengseng Sawah
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fazri

VIVA – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Srengseng Sawah, Jakarta Selatan, mulai dijadikan tempat pemakaman jenazah pasien COVID-19. Kondisi ini menyusul kian menyusutnya lahan pemakaman COVID-19 di Ibu Kota Jakarta. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Lahan pemakaman sebelumnya di TPU Pondok Ranggon sudah lebih dulu penuh sejak November 2020, dan TPU Tegal Alur yang juga diperuntukkan bagi jenazah COVID-19 mulai penuh. 

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Winarto, mengatakan, TPU Srengseng Sawah sudah mulai digunakan untuk pemakaman jenazah pasien COVID-19 sejak Selasa, 12 Januari 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"TPU Srengseng Sawah sekarang sudah jadi pemakaman jenazah COVID-19,” ujar Winarto ketika dikonfirmasi, Rabu, 13 Januari 2021.

Sebelumnya beredar video dalam WhatsApp Group mengenai TPU Srengseng Sawah yang dijadikan tempat pemakaman COVID-19. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam video yang beredar, salah seorang bernarasi bahwa TPU Srengseng Sawah sudah dijadikan pemakaman COVID-19 dan tampak mobil jenazah berbaris di lokasi TPU Srengseng Sawah untuk mengantre memakamkan jenazah.

Camat Jagakarsa, Alamsyah, mengatakan, terkait peristiwa itu sudah disosialisasikan ke warga setempat, sehingga TPU Srengseng Sawah difungsikan sebagai pemakaman jenazah pasien COVID-19.

"Kemarin sudah disosialisasikan dengan masyarakat terdiri dari perwakilan RW 06, 07, 08 terkait TPU Srengseng Sawah," ujar Alamsyah ketika dikonfirmasi.

Seperti diketahui, banyak pasien COVID-19 terpapar hingga merenggut nyawa beberapa waktu belakangan membuat makam COVID-19 khusus muslim di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal alur kini sudah penuh menutupi lahan. Terdata 4.500 liang lahat telah terisi.

Kepala Satuan Pelaksanaan TPU Tegal Alur, Wawin Wahyudi, membenarkan hal tersebut. Namun, dia juga menjelaskan, pemakaman di unit muslim masih bisa dilakukan secara tumpang dengan mengisi lahan makam COVID-19 agama Nasrani atau yang muslim.

"Tegal alur masih menerima pemakaman di unit nonmuslim, dan di unit muslim bisa dengan sistem tumpang. Sekitar 4.500 makam," kata Wawin dikonfirmasi, Rabu 13 Januari 2021.

Dalam kondisi penuh tersebut, Wawin mengatakan, lokasi makam baru untuk jenazah pasien COVID-19 muslim akan dialihkan ke kawasan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan.

Belakangan ini, Wawin mengatakan, pihaknya menggali sebanyak rata-rata 40-50 lubang makam per harinya di awal 2021.

Bukannya makin berkurang, jenazah COVID-19 yang hendak dimakamkan di TPU Tegal Alur Kalideres, Jakarta Barat, terus bertambah.

Krisis lahan pemakaman di Jakarta membuat pengelola TPU menerapkan sistem pemakaman tumpang. Misalnya di TPU Pondok Ranggon yang dilakukan sejak Desember 2020. Hal tersebut dilakukan untuk menyiasati terbatasnya lahan pemakaman yang ada.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini mengupayakan pembukaan lahan pemakaman baru di TPU Rorotan, Jakarta Utara yang segera digunakan dalam waktu dekat. Di tahap pertama, disediakan sekitar 1.500 petak makam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya