Sisa Tempat Tidur Isolasi dan ICU COVID-19 di DKI Tinggal 13 Persen

Wisma Atlet Kemayoran
Sumber :
  • vivanews/Andry Daud

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menginformasikan bahwa saat ini ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU pada rumah sakit rujukan COVID-19 yang ada di wilayah DKI Jakarta hampir penuh. Kapasitas yang tersisa hanya sekitar 13 persen.

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Informasi ini diungkap Pemprov DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta @dkijakarta. Dari informasi tersebut, pada rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta juga diisi oleh pasien yang berasal dari luar wilayah DKI.

Baca jugaBanyak Negara Tak Punya Duit Beli Vaksin, Sri Mulyani: Kita Beruntung

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

"Berikut gambaran terkini kondisi rumah sakit di Jakarta. Kapasitas tersisa 13 persen lagi untuk menampung pasien COVID-19, baik yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta," tulis Pemprov DKI dalam unggahan tersebut.

Dijelaskan juga bahwa jumlah ICU dan tempat tidur berjumlah 8.890 unit. Dengan angka penggunaan tempat tidur di rumah sakit atau yang dikenal dengan istilah Bed Occupancy Ratio (BOR) sudah mencapai 87 persen. 

Parto Patrio Dilarikan ke Rumah Sakit

Disebutkan juga bahwa ada 24 persen kapasitas tersebut terisi oleh pasien dari luar Jakarta. Yakni dari Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. 

"BOR (angka penggunaan tempat tidur di rumah sakit) di DKI Jakarta sebanyak 87 persen karena melayani warga lintas provinsi. Bila hanya memperhitungkan warga dalam satu provinsi yaitu warga DKI Jakarta maka angkanya sebesar 63 persen. BOR di Provinsi Banten 79 persen, DIY 78 persen, Jawa Barat 73 persen dan Jawa Timur 69 persen," ujarnya.

Pemprov DKI meminta masyarakat saling bergandeng tangan untuk bersama menangani pandemi ini. Seluruh warga Jabodetabek harus sama-sama tingkatkan disiplin, ingatkan sesama, saling menjaga, dan Jalankan 3 M yaitu  memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Batasi aktivitas keluar rumah, kecuali untuk keperluan yang amat penting. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya