Polisi: Pesta yang Didatangi Raffi Ahmad Tak Masuk Unsur Pidana

Foto Raffi Ahmad usai divaksin Sinovac bersama para rekan selebritis tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak.
Sumber :
  • IG lambe_turah

VIVA – Polisi membeberkan hasil gelar perkara status kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara pesta ulang tahun bos KFC Indonesia Ricardo Gelael yang dihadiri oleh presenter kondang Raffi Ahmad. Hasilnya, Polres Metro Jakarta Selatan dan Polda Metro Jaya menyebut kalau kasus tersebut tidak memenuhi unsur pidana.

Bukan dari Palestina, Merry Asisten Raffi Ahmad Ungkap Asal-usul Bayi Lily di Keluarga Andara

"Alasan yuridis pada Pasal 93 Juncto Pasal 9 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan ini berdasarkan hasil gelar perkara itu tidak terpenuhi, termasuk peraturan daerah aturan Kemenkes," ucap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 21 Januari 2021.

Dia menjelaskan, dalam acara itu pemilik rumah tidak mengundang orang-orang. Para tamu hadir dengan sendirinya.

Nagita Slavina Dikritik karena Beri Makanan dan Minuman Bekas ke Pengasuh, Begini Reaksi Rafathar

Selain itu, ada protokol kesehatan yang diterapkan seperti pengecekan virus COVID-19 dengan metode swab antigen. Setelah dilakukan pengecekan, para tamu dipersilakan masuk ke dalam rumah.

"Juga datang ke sana sudah dilakukan prokes, semua bukti-buktinya ada, dari keterangan-keterangan saksi sudah ada semua, dilakukan tes suhu, juga dilakukan swab antigen. Dari ke-18 orang itu semuanya negatif COVID-19. Karena sifatnya privasi tapi dihadiri 18 orang, tapi sudah dilakukan dengan prokes, baik itu tes suhu, swab antigen, juga tidak ada undangan. Ini teman-teman datang spontanitas tanpa diundang ke kediaman saudara RG," katanya.

Tanggapan Kiky Saputri Dihujat Netizen Gegara Singgung Ayu Ting Ting di Depan Nagita Slavina

Sebelumnya, terkait dengan ramainya foto Raffi Ahmad, presenter itu meminta maaf kepada masyarakat termasuk kepada Presiden Joko Widodo.

"Assalamualaikum, saya Raffi Ahmad terkait kejadian tadi malam saya ingin sedikit klarifikasi, tapi sebelumnya saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya dan meminta maaf kepada Presiden Jokowi, seluruh staf yang ada di sekretariat presiden dan sekali lagi meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas peristiwa tadi malam," kata Raffi. 

Dijelaskan pula oleh Raffi kronologi yang terjadi semalam bahwa pesta itu berlangsung di rumah pribadi salah satu orangtua temannya. Dijelaskan Raffi Ahmad, sebelum memasuki rumah tersebut, mereka yang hadir mengikuti protokol kesehatan. Berikut penjelasan Raffi Ahmad.

"Semalam itu bukan di tempat umum tetapi di rumah pribadi salah satu ayahnya teman saya, di situ kondisinya memang sebelum masuk rumahnya mengikuti protokol. Tapi di dalam kebetulan saya lagi makan tidak pakai masker dan ada yang foto tapi apa pun itu saya meminta maaf atas kejadian ini jadi heboh," kata Raffi.

Raffi Ahmad berharap masyarakat tidak mencontoh hal tersebut dan berbuat abai terhadap protokol kesehatan. Ia ingin semua pihak mematuhi 3M, yakni menjaga jarak, menggunakan masker dan menghindari kerumunan. Raffi berjanji dengan adanya insiden kemarin malam bisa menjadi pelajaran sehingga ke depannya bisa lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya