18.163 Warga Jakarta Barat Sudah Disuntik Vaksin COVID-19

Simulasi pemberian vaksin Covid-19 (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Sebanyak 18.163 warga Jakarta Barat telah disuntik vaksin COVID-19. Mereka masuk dalam gelombang pertama pemberian vaksin yang dilakukan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat Kristy menyatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 gelombang satu di Jakarta Barat telah mencapai 28,7 persen.

"Pelaksanaan vaksinasi (COVID-19) di Jakarta Barat sampai 21 Januari 2021 ada 28,7 persen," ujar Kristy saat dikonfirmasi, Jumat, 22 Januari 2021.

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Baca juga: Bank Dunia Beri Pinjaman US$500 Juta untuk Bantu Keuangan RI

Kristy mengakui total penerima vaksin COVID-19 pada gelombang pertama memang masih di bawah 50 persen. Karena, target vaksinasi gelombang pertama adalah untuk tenaga kesehatan dan pelayan publik.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

Untuk pelaksanaan vaksinasi, sebanyak 73 pos telah disiapkan di Jakarta Barat. Pos-pos tersebut diklaim mampu melakukan vaksinasi COVID-19 minimal terhadap 20 orang per hari.

Diberitakan sebelumnya, Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto menjelaskan bahwa 73 pos tersebut vaksinasi itu tersebar di beberapa fasilitas kesehatan.

"Detailnya 41 puskesmas dan pos-pos vaksinasinya, 4 RSUD, 5 RS Kemenkes dan pos-pos vaksinasinya, 22 RS swasta dan pos-pos vaksinasinya," ujar Uus dikonfirmasi.

Uus menjelaskan bahwa di RSUD, rumah sakit Kemenkes, maupun rumah sakit swasta, kemampuan penyuntikan vaksin berbeda-beda, tergantung dengan kapasitas masing-masing rumah sakit.

"Kemampuan penyuntikan per hari berbeda-beda tergantung kemampuan fasilitasnya. Minimal kemampuan 20 sampai dengan 180 (penyuntikan) per hari," ujarnya.

Jam layanan tiap rumah sakit pun berbeda. Rincian layanan penyuntikan vaksin di setiap rumah sakitnya dapat dilihat di situs pedulilindungi.id.

Sementara itu, di puskesmas, setiap harinya akan ada 300 orang yang disuntik vaksin COVID-19. Jam layanan pun seragam di seluruh puskesmas, yakni dari pukul 08.00 sampai dengan 15.00 WIB dengan jeda istirahat di pukul 12.00-13.00 WIB, setiap Senin sampai Jumat. Adapun distribusi vaksin di Jakarta Barat telah dimulai sejak 14 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya