Formula E Ditunda, Commitment Fee Dijamin Tak Hilang

Rute Balapan Formula E di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Syaefullah

VIVA – Penyelenggaraan balapan mobil listrik Formula E di Jakarta ditunda akibat pandemi COVID-19 yang belum mereda. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah meminta penyelenggara menunda dan hal itu disetujui Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

"Sehubungan perkembangan COVID-19 di berbagai belahan dunia, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan arahan yang diterima Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta bahwa penyelenggaraan Jakarta E-Prix ditunda," kata Communication Manager PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Melisa Sjach, dalam keterangannya, Jumat, 22 Januari 2021.

Meski penyelenggaraan Formula E ditunda, namun dipastikan dana commitment fee yang dibayarkan Pemprov DKI tidak akan hilang. 

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

"Dipastikan dana commitment fee tidak akan hilang. Alasannya penundaan ini termasuk karena adanya pandemi COVID-19 yang melanda Ibu Kota," ujarnya

Menurut dia, Jakarta Propertindo bersama dengan Pemprov DKI dan Dinas Pemuda dan Olahraga akan terus memantau situasi terkini di Ibu Kota. Pemprov DKI terus berkomunikasi untuk melihat kemungkinan penjadwalan ulang pada kesempatan pertama.

Presiden PKS: Saatnya Pak Anies Mendukung Kader PKS untuk Maju di Pilkada DKI

"Kami mendukung langkah yang diambil pemerintah sebagai upaya preventif terhadap perkembangan COVID-19 dengan pertimbangan mengutamakan keselamatan masyarakat di Indonesia, khususnya di Ibu Kota," ujarnya

Menurut Melisa, Formula E Operations (FEO) selaku promotor dan pemegang lisensi ABB FIA Formula E Championship telah menyetujui serta menghargai keputusan penundaan ini. Diharapkan pandemi segera berlalu dan ajang tersebut bisa diselenggarakan di waktu yang tepat.

"Formula E merupakan cara promosi yang efektif untuk melawan perubahan iklim dan polusi udara di wilayah metropolitan seperti Jakarta, sekaligus membawa peluang pertumbuhan industri dan ekonomi kreatif," ujar Melisa.

Untuk diketahui, Pemprov DKI telah menganggarkan commitment fee sebesar Rp560 miliar untuk penyelenggaraan Formula E. Dana itu bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Baca Juga: Formula E di Ujung Tanduk karena Corona
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya