Anies Sambangi Kolong Jembatan Pegangsaan yang Disidak Risma

Anies Baswedan meninjau kolong jembatan Pegangsaan yang disidak Risma
Sumber :
  • Pemkot Jakpus

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau penataan kolong jembatan yang terletak di Kelurahan Pegangsaan, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 24 Januari 2021. Kunjungan Anies ini menuai sorotan, sebab kawasan kumuh di pusat Jakarta ini sebelumnya sempat disidak Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Dalam kunjungannya, Anies memasuki lorong sambil mengamati setiap sudut kolong jembatan yang saat ini sudah mulai tertata dengan tanaman hias dan kolam ikan. "Bagus ya," kata Anies dikutip dari laman resmi pemerintah Kota Jakarta Pusat, Senin, 25 Januari 2021. 

Anies meminta agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk segera melanjutkan penataan agar menjadi lokasi yang bersih, aman, nyaman, dan sesuai dengan fungsinya. "Mudah-mudahan ini segera tuntas," ujarnya.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi mengatakan, penataan lokasi ini akan selesai dalam waktu dekat. Penataan kolong jembatan pegangsaan merupakan kolaborasi antara Pemprov DKI Jakarta dengan suku dinas terkait di Jakarta Pusat dan pihak eksternal.

"Kita juga bekerja sama dengan IKJ dan PT Taspen untuk menyulap lokasi yang sebelumnya kumuh menjadi indah. Terima kasih untuk Taspen melalui program CSR-nya sudah membantu kami, juga untuk IKJ yang terlibat dalam pengecatannya," ungkap Irwandi.

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

Kolong jembatan di wilayah Pegangsaan ini sebelumnya dijadikan tempat usaha dan tempat tinggal sementara oleh para PPKS (Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial). Sempat disidak Mensos Risma dan meminta para tunawisma yang tinggal di sana untuk pindah ke Balai Karya yang disiapkan Kemensos.

Irwandi menegaskan penertiban permukiman di kolong jembatan ini menindaklanjuti kunjungan Mensos di kawasan tersebut. Hal ini dilakukan untuk menghindari kawasan tersebut dihuni kembali oleh tunawisma lainnya.

"Di lokasi yang dikunjungi Bu Risma ini bukan kita tidak pernah kerjakan. Sudah pernah kita kosongkan, tetapi (para tunawisma) kembali lagi," kata Irwandi, Senin, 4 Januari 2021.

Tak ingin lokasi ini kembali jadi hunian liar, Irwandi sudah menyiapkan strategi khusus. Rencananya, kolong jembatan tersebut akan dijadikan taman sehingga tidak menjadi tempat kumuh lagi. 

"Kali ini saya mau tuntaskan. Kolong jembatan ini akan kita buat taman, jadi akses jalan warga. Menjadi tempat penyeberangan orang, melalui kolong jembatan ini," ujarnya.

Baca juga: PSBB Jakarta Diperpanjang, Ganjil Genap Belum Berlaku

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya