Relawan Anies Baswedan Beri Pembelaan soal Desakan Mundur

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

VIVA – Pernyataan Ketua DPC Partai Gerindra Jakarta Timur Ali Lubis, yang mengatakan Gubernur DKI Anies Baswedan mundur saja karena tidak mampu menangani COVID-19, menuai reaksi dari sejumlah pihak.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Hingga membuat sejumlah relawan, yang turut memenangkan Anies di Pilkada DKI 2017 itu, ikut berkomentar menanggapi pernyataan Ali Lubis tersebut.

Seperti yang disampaikan dari Relawan Abdi Rakyat. Ketua Pengurus Kota Jakarta Timur, Rojali, mengatakan masalah COVID-19 tidak bisa dibebankan pada pemerintah daerah saja. Karena menurut dia, ini harus diselesaikan secara bersama-sama.

Kubu Anies Tuding Pencalonan Gibran Tidak Sah, KPU: Mengada-ngada

Baca juga: Profil Ali Lubis, Kader Gerindra yang Minta Anies Mundur

Maka lanjut dia, wajar apabila Gubernur Anies meminta pemerintah pusat untuk bisa mengambil peran dalam mengatasinya. Apalagi kasus COVID-19 di Jakarta paling tinggi di Tanah Air.

Gerindra Ragu PDIP Bakal Oposisi, Bambang Pacul: Suka-suka Dia

“Saya kira enggak ada yang salah dari Pak Anies sebagai pemerintah daerah menyampaikan itu. Justru sebaliknya, menurut saya yang salah dalam berpikir ketua DPC Gerinda Jakarta Timur. Lha apalagi dia latar belakang pendidikannya hukum, harusnya paham dong mekanisme hukum ketatanegaraan,” katanya, seperti dalam siaran pers, Selasa 26 Januari 2021.

Permintaan agar Anies mundur, menurutnya adalah bentuk sesat berpikir. Apalagi menurut dia, Anies menjadi gubernur adalah murni karena dukungan masyarakat, bukan partai politik.

Dalam Pilkada 2017, Anies memang diusung salah satunya oleh Partai Gerindra. Maka menurut dia, mestinya kritik terhadap gubernur tidak disampaikan secara terbuka. Partai pendukung mestinya memiliki mekanisme tersendiri.

“Maka tidak pantas bila ada perkataan dari tubuh internal partai pengusung atau pendukung. Sebaiknya kalau mau mengkritik sampaikan aja secara langsung, enggak perlu juga terbuka ke publik,” katanya.

Pihaknya berharap, Anies Baswedan tetap fokus dalam bekerja. Untuk mewujudkan janji-janji politik yang disampaikan pada saat menjadi calon gubernur saat itu.

Sebelumnya, Ali Lubis menyampaikan pernyataan untuk mengkritik Gubernur DKI Anies Baswedan dalam penanganan COVID-19. Ia minta Anies sebaiknya mundur dari jabatannya jika memang tak mampu mengendalikan penyebaran COVID-19 di Ibu Kota.

Ali menyampaikan demikian terkait informasi Anies yang disebut meminta pusat ambil alih penanganan pandemi COVID-19.

"Jika sudah tak sanggup, sebaiknya mundur saja dari Jabatan Gubernur..simple kan @aniesbaswedan @DKIJakarta," tulis Ali di akun Twitter-nya, @AliLubisACTA.

Ia pun diperingatkan petinggi Partai Gerindra. Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Habiburokhman menyampaikan pihaknya mendukung duet Anies-Ahmad Riza Patria dalam penanganan COVID-19 di Ibu Kota.

"Mendukung duet Anies-Ariza maksimalkan penanganan covid 19 di DKI. Btw Ali Lubis sdh ane kartu kuning ya, mengkritik boleh tetapi tetap ada adap dan etikanya. Kuatkan persatuan lawan covid 19," tulis Habiburokhman dalam akun Twitter-nya, @habiburokhman yang dikutip pada Selasa, 26 Januari 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya