Viral Pesta Sabu Diduga di Rutan Salemba, Demo Tuntut Kakanwil Mundur

Massa pemuda minta Kakanwil Hukum dan HAM Jakarta Liberty Sitinjak mundur
Sumber :
  • VIVA/Kenny Kurnia Putra

VIVA – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta kembali didatangi massa berunjuk rasa alias demo oleh puluhan pemuda yang tergabung dalam Barisan Organ Muda (BOM) pada Jumat, 29 Januari 2021 pagi. Puluhan pemuda tersebut menuntut Kepala Kanwil (Kakanwil) Hukum dan HAM DKI Jakarta, Liberti Sitinjak untuk mundur dari jabatannya. 

Beberapa Selebgram Ditangkap Polres Jaksel, Siapa Saja Mereka?

Tuntutan tersebut berdasarkan banyaknya kasus peredaran narkoba yang diduga dikendalikan dari dalam rutan, salah satunya dari rutan Salemba. Baru-baru ini, beredar video viral  pesta narkoba sabu yang diduga dilakukan di Rutan Salemba oleh para warga binaan. Dalam video yang berdurasi 1 menit 19 detik tersebut, tampak 6 orang napi yang duduk melingkar dan salah satunya terlihat membakar sabu dengan sebuah sedotan panjang.

"Tujuan kami di sini adalah ada beberapa regulasi yang sengaja tidak dibijaki oleh Liberti Sitinjak sebagai kepala Kanwil Kemenkumham. Ini sudah viral bahwa ada transaksi yang terjadi di Rutan Salemba yaitu transaksi narkoba," kata Ali Akbar, orator aksi di depan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Lebih lanjut, Ali menjelaskan, tak hanya transaksi narkoba yang terjadi di dalam rutan. Mereka juga menilai, ada transaksi jual beli fasilitas yang terjadi di rutan Salemba. Ali juga menilai, Kakanwil Hukum dan HAM DKI Jakarta sengaja mengabaikan aturan yang telah dibuat oleh pemerintah.

"Kami menilai bahwa kebijakan atau aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan aturan-aturan yang sudah ditetapkan di setiap lapas sengaja diabaikan oleh Liberti Sitinjak. Kami menilai apa yang dilakukan oleh Liberti Sitinjak adalah kesengajaan terstruktur ini akan memunculkan sebuah kejahatan yang terstruktur di setiap lembaga," lanjutnya.

Terungkap Home Industry Sabu di Pasuruan Jatim Sudah Beroperasi 4 Bulan

Massa yang hadir juga menuntut Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly untuk memecat Liberti Sitinjak dari jabatan kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta.

VIVA Militer: 2 Prajurit Kopasgat TNI AU berhasil gagalkan penyeludupan sabu

Berhasil Gagalkan Penyelundupan Sabu, 2 Prajurit Pulanggeni Kopasgat TNI AU Dapat Penghargaan

Dua prajurit Yonko 462 Kopasgat ini berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu-sabu melalui perusahaan ekspedisi ternama

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024