20 Nakes di Tangsel Alamai Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi COVID-19

Tenaga Kesehatan di Kota Tangsel Ikut Vaksinasi COVID-19
Sumber :
  • VIVA/ Sherly

VIVA – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan, Banten mencatat sekitar 20 tenaga kesehatan atau nakes, yang menjalani suntik vaksin Sinovac COVID-19, mengalami KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

5 Syarat Kucing Peliharaanmu Sudah Bisa Divaksin Biar Tetap Sehat

Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangerang Selatan, Deden Deni menjelaskan, KIPI merupakan efek yang terjadi sehabis dilakukannya penyuntikan vaksin.

Namun ia memastikan, kejadian ikutan tersebut tidak sampai berdampak besar. Hanya bersifat ringan dan bisa teratasi.

Sosok Helena Lim, ‘Crazy Rich’ PIK Jadi Tersangka Kasus Korupsi Timah

"Ada 20 nakes yang mengalami efek atau KIPI seperti, pusing, mual, gatal, nyeri di tempat suntikan, sakit kepala hingga ruam. Semua gejala KIPI ringan dan sudah tertangani di masing-masing fasilitas kesehatan," katanya, Rabu, 3 Februari 2021.

Baca juga: Geger Temuan 17 Karung Sampah Medis Dibuang Sembarangan di Bogor

Sering Dialami Anak-Anak dan Mudah Menular, Apa yang Perlu Dilakukan Untuk Cegah Gondongan?

Sementara, untuk tenaga kesehatan yang sudah menjalani vaksinasi di tahap pertama di 70 fasilitas kesehatan, sebanyak 6.113 nakes.

"Sesuai yang diharapkan, sudah melebihi target minimal yang diharapkan untuk terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok dan pelaksanaannya pun berjalan lancar dan sesuai rencana," ujarnya.

Lalu, masih ada pula tenaga kesehatan yang belum atau ditunda pemberian vaksinnya. Dimana, terdata 660 nakes yang hingga kini masih menunggu vaksinasi.

"Karena ada penyakit penyerta, sedang sakit, tidak datang dan faktor kontra indikasi sehingga tidak boleh menerima vaksin. Dan kita masih tunggu sampai tiga hari kedepan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya