Antisipasi Banjir di Ibu Kota, Begini Persiapan Pemprov DKI

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

VIVA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus melakukan berbagai upaya dalam menghadapi musim hujan untuk mengantisipasi banjir di Ibu Kota.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

"Terkait antisipasi banjir sebagaimana kami sudah sampaikan, kami sudah mengupayakan berbagai upaya mulai dari program-program kegiatan daripada pompa, polder," kata Wakil Gubernur DK Jakarta, Ahmad Riza Patria di Jakarta, Rabu, 3 Februari 2021.

Kemudian, pengerukan, meningkatkan daya tampungan air terkait sungai, kali, waduk, situ, embung, dan selokan juga terus dilakukan pembersihan serta pengerukan.

Ratusan Rumah di Bekasi Terendam Banjir, Mayoritas Ditinggal Mudik Lebaran

"Terobosan lain yang kita buat adalah menyiapkan sumur resapan drainase vertikal, kemudian juga menyiapkan terobosan-terobosan codetan di beberapa tempat di setiap wilayah," tuturnya.

Di samping itu, untuk mempercepat genangan air agar segera turun, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menyiapkan kolam olakan air di pinggir jalan, seperti di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

"Hampir di semua wilayah kita buat terobosan-terobosan dalam rangka mempercepat turunnya genangan air dan mempercepat mengalirnya air ke sungai kemudian ke laut," katanya.

Dia menambahkan, "Sampai hari ini mudah-mudahan Jakarta masih cukup baik dengan pengendaliannya yang kita harapkan terus ke depan tidak ada banjir yang besar."

Baca juga: Jokowi Bilang PPKM Tak Efektif, Ini Kata Wagub DKI

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya