Irjen Fadil Minta Ulama dan Ustaz Jadi Dai Kamtibmas Cegah COVID-19

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama para ulama
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Polda Metro Jaya menggandeng sejumlah ulama dan ustaz tergabung dalam Dai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Hal itu untuk membantu menyampaikan pesan soal mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Ini adalah tindaklanjut perintah dari bapak Kapolri untuk membangun pendekatan yang lebih humanis, membangun komunikasi dengan umat, dengan bahasa yang mudah dipahami sehingga Polda Metro Jaya, menginisiasi melantik Dai kamtibmas," ucap Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran di Markas Polda Metro Jaya, Rabu 3 Februari 2021.

Mantan Kapolda Jawa Timur itu menjelaskan, nantinya Dai kambtimas akan keliling menyebarkan pesan-pesan kamtibmas. Mereka akan membantu menyampaikannya dari masjid ke masjid. Pihaknya berharap sekali lewat tokoh agama, masyarakat bisa lebih lagi mendengar dan menjalankan prokes COVID-19.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

"Dalam rangka menyampaikan pesan-pesan kamtibmas. Lebih khusus tantangan terkini, terkait dengan ketaatan protokol kesehatan, ada 31 yang di Polda, masing-masing polres juga memiliki Dai kamtibmas. Ini yang akan keliling dari masjid ke masjid, mudah-mudahan nanti akan bertambah," kata Fadil.

Terpisah, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj menambahkan, ustaz, kiai, khatib yang dilantik jadi Dai kamtibmas punya tujuan sama. Dimana mereka bertujuan membangun masyarakat DKI Jakarta yang beradab, bermartabat, santun, berakhlak, jauh dari radikalisme, dan dari ekstremisme, apalagi sampai terorisme.

Polisi Tetapkan TikToker Galih Loss Jadi Tersangka Kasus Dugaan Penodaan Agama

"Semuanya punya komitmen yang sama. Tapi tugas pertama yang sekarang harus dijalankan adalah sosialiasi protokol kesehatan, itu tugas pertama, selanjutnya mendorong masyarakat DKI, masyarakat yang beradab bermartabat dan berbudaya," kata Said Aqil menambahkan.

Baca juga: Perintah Kapolda Metro Irjen Fadil ke Semua Kapolsek

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Wanita 'Open BO' berinisial R (34) yang ditemukan tewas di Pulau Pari Kepulauan Seribu ternyata bukan dibunuh di sana.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024