Bareng Elon Musk, Anies Masuk Jajaran 21 Pahlawan Transportasi Dunia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Twitter @aniesbaswedan

VIVA – Institusi Transportasi Internasional, Transformative Urban Mobility Initiative (TUMI), menobatkan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan jadi salah satu  salah satu ‘pahlawan’ dalam jajaran 21Heroes2021. Anies dinilai sukses mengelola transportasi pada 2020 dalam perannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Anies dinobatkan sebagai pahlawn transportasi bersanding dengan 20 tokoh dunia lainnya. Termasuk Chief Executive Officer SpaceX dan Bos Tesla, Elon Musk. Ada pula dan Wali Kota Paris, Anne Hidalgo yang terpilih karena keberhasilan transformasi mobilitas kota yang berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh warga.

Dikutip dari keterangan resmi Pemprov DKI, Jumat Januari 2021, dalam dokumen resmi TUMI, disebutkan bahwa 21Heroes2021 adalah ajang untuk menghormati mereka yang mencapai kesuksesan transportasi pada 2020. Terlepas dari tantangan bersejarah yang dihadapi (pandemi) dan meletakkan dasar untuk inisiatif mobilitas yang lebih sukses dan berkelanjutan pada tahun 2021.

Kupas Tuntas Starlink, Satelit Elon Musk yang Siap 'Menerangi' IKN

Baca juga: Menteri Trenggono Bakal Sulap Rig Migas Jadi Tempat Budidaya Ikan

Dijelaskan bahwa individu yang disoroti dalam publikasi ini adalah sekelompok kecil, namun kuat, dari banyak orang yang aktif berkontribusi untuk menjadikan mobilitas berorientasi masa depan, aman, inklusif, dan berkelanjutan.

Vinfast Jadi Armada Andalan Taksi Online

Menurut TUMI selama kepemimpinan Anies, Jakarta telah mengalami peningkatan signifikan dalam segi transportasi umum massal bahkan selama pandemi COVID-19. Sehingga Gubernur Anies dinilai telah berhasil mentransformasi sistem angkutan umum massal yang nyaman dan inklusif untuk semua, salah satunya adalah integrasi Bus Rapid Transit yang diimplikasikan ke dalam sistem JakLingko. 

Gubernur Anies juga dinilai sukses dalam mengintegrasikan halte dengan stasiun commuter maupun Moda Raya Terpadu (MRT). Sekaligus melihat peluang adanya pengembangan peluncuran bus listrik untuk operasional transportasi umum massal.

Selain itu, Anies bersama Pemprov DKI Jakarta juga telah berhasil mengubah paradigma prioritas fasilitas pendukung transportasi. Di mana jalan untuk pejalan kaki menjadi prioritas pembangunan, serta kendaraan bebas emisi (sepeda), transportasi umum massal dan terakhir kendaraan pribadi. 

Sehingga paradigma tersebut membuat Pemprov DKI gencar melakukan improvement dalam revitalisasi trotoar dan pembuatan 63 kilometer jalur sepeda. Bahkan, berkat transformasi tersebut Pemprov DKI juga telah diganjar STA Award 2020.

Merespons penghargaan tersebut, Anies menegaskan, pencapaian dalam 21Heroes2021 merupakan hasil kerja bersama seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta. Sekaligus juga kolaborasi dengan berbagai pihak. 

Sehingga lanjutnya, perencanaan sistem transformasi transportasi di Jakarta merupakan bentuk dari partisipasi publik yang dikerjakan dengan baik oleh pemerintah daerah. 

“Pencapaian ini adalah hasil kolaborasi dengan berbagai pihak, kami dari awal membuka kesempatan seluas-luasnya bagi publik untuk terlibat dalam perencanaan pembangunan sistem transportasi,” singkat Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya