Puluhan Anggota Polda Metro Donor Plasma Konvalesen ke PMI

Polda Metro Jaya mendonorkan plasma konvalesen ke PMI, Sabtu, 6 Februri 2021.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Puluhan anggota Polda Metro Jaya yang pernah terpapar COVID-19 dan sembuh serta sehat, dikirim untuk melakukan donor plasma konvalesen di Palang Merah Indonesia (PMI) di Jakarta, Sabtu, 6 Februari 2021.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

“Ini adalah aksi kemanusiaan yang sangat mulia. Saya minta ke jajaran seluruh anggota Polda Metro Jaya untuk ambil bagian dari tugas mulia ini," kata Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Pol Hendro Pandowo.

Hendro mengimbau anggota yang pernah terpapar COVID-19 dan dalam keadaan sehat agar segera melakukan screening untuk mengetahui kekuatan anti bodinya. Lalu ke PMI untuk mendonorkan plasma konvalesen.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

"Termasuk saya yang pernah terpapar COVID-19 juga melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Baca juga: 2 Juta Data COVID-19 yang Belum Masuk Bisa Turunkan Positivity Rate

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Hendro mendukung penuh langkah pemerintah menekan angka kematian dan menaikkan angka kesembuhan pasien COVID-19. Dalam kesempatan itu, ia mengirim 20 anggota penyintas COVID-19 yang sempat terpapar dan sembuh untuk melaksanakan donor plasma konvalesen ini.

"Nanti akan terus seperti ini demi membantu sesama," kata Hendro.

Lebih lanjut, ia juga mengajak para penyintas COVID-19 lainnya untuk tidak takut melakukan donor plasma konvalesen ini.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Efendi, mengapresiasi gerakan Polda Metro Jaya tersebut. Ia mengatakan, satu orang penyintas COVID-19 sangat penting untuk menjadi pendonor plasma konvalesen demi kesembuhan pasien COVID-19 yang memang sangat membutuhkan kekuatan anti bodi.

Donor plasma konvalesen sangat dibutuhkan untuk membantu pasien terpapar COVID-19. Terlebih lagi pasien yang akut membutuhkan bantuan donor plasma konvalesen untuk meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas).

Hal ini sangat penting demi menyelamatkan nyawa pasien yang terpapar COVID-19 dan menekan angka kematian dengan meningkatkan angka kesembuhan di Tanah Air. Di Jakarta khususnya, kebutuhan donor plasma konvalesen terus meningkat seiring dengan meningkatnya pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan.

Data terbaru menunjukkan pasien positif Covid-19 di Jakarta berada di angka 283.895 kasus. Melihat kondisi tersebut, Polda Metro Jaya melaksanakan Program Kemanusiaan ”Setetes Darah dengan Penuh Harapan”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya