410 Kantong Plasma Konvalesen dari PMI Disalurkan ke RS

(Ilustrasi) Aktivitas donor plasma konvalesen di kantor PMI Kota Padang, Sumatera Barat.
Sumber :
  • VIVA/Andri Mardiansyah

VIVA – Sebanyak 410 kantong plasma konvalesen hasil donor para penyintas COVID-19, disalurkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang, Banten, ke sejumlah rumah sakit yang merawat pasien Corona.

Polisi Gagalkan Penyeludupan Puluhan PMI Ilegal di Perairan Sumut saat Menuju Malaysia

"Hingga tanggal 8 Februari 2021, sudah 410 kantong plasma konvalesen yang kami salurkan kepada rumah sakit untuk membantu proses penyembuhan pasien positif," kata Ketua PMI Kota Tangerang, Oman Jumansyah, Rabu 10 Februari 2021.

Sementara itu, hingga saat ini telah terhitung 176 penyintas yang melakukan donor tersebut. Namun, memang kebutuhan terhadap darah plasma konvalesen hingga saat ini masih banyak.

Barang Kiriman TKI Bebas Pajak Bakal Naik Jadi Maksimal US$2.800 per Tahun

"Kebutuhan akan plasma darah masih banyak, makanya kami terus mengajak pasien yang sudah sembuh agar bisa berkontribusi," ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan Pamer Cipinang Melayu Tak Kebanjiran

Pemerintah Resmi Cabut Aturan Pembatasan Barang Kiriman Pekerja Migran 

Hal ini dikarenakan, plasma konvalesen sangat efektif dalam membantu proses penyembuhan pasien positif COVID-19 yang kini masih dalam perawatan di rumah sakit.

"Plasma ini sangat efektif maka itu kita bersama-sama mengatasi pandemi dengan memberikan sesuatu yang bisa kita lakukan," jelasnya

Untuk itu, pihaknya akan melakukan jemput bola, bila ada penyintas yang ingin melakukan donor plasma konvalesen. Tim dari Unit Pelayanan Laboratorium UDD PMI Kota Tangerang siap mengambil sampel sebelum dilaksanakan donor plasma konvalesen. 

Pihaknya juga merilis, hingga tanggal 8 Februari 2021 untuk daftar antrean permintaan plasma konvalesen sebanyak 101 kantong. Dengan rincian 43 kantong golongan A, 28 kantong golongan B, 23 kantong golongan O dan tujuh kantong golongan AB.

Lalu, untuk stok yang dimiliki PMI Kota Tangerang saat ini adalah 40 kantong. Dengan rincian 15 kantong golongan A, 10 kantong golongan B, 11 kantong golongan O dan empat kantong golongan AB.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya