Libur Imlek, Hari Ini Puncak Volume Kendaraan Keluar Jakarta

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace

VIVA – Libur Imlek 2021 yang terjadi pada Jumat besok 12 Februari 2021, diperkirakan akan berdampak pada tingginya volume kendaraan yang akan keluar dari Jakarta.

Puncak Arus Balik Lebaran di Tol Trans Sumatera Diprediksi Besok

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo memprediksi peningkatan volume bakal terjadi hari ini, Kamis 11 Februari 2021.

"Mulai hari Kamis, diperkirakan akan ada lonjakan arus penumpang menuju ke arah timur," ucap dia kepada wartawan, Kamis 11 Februari 2021.

Naik 52 Persen, 415.451 Kendaraan Lintasi Tol Trans Sumatera Per H-1 Lebaran 2024

Hal itu karena libur Imlek yang jatuh mulai besok hingga Minggu 14 Februari 2021. Sambodo mengklaim, telah mempersiapkan pengamanan bagi masyarakat yang memanfaatkan libur tersebut.

Baca juga: PPKM Mikro Tangerang Dilonggarkan: Mal Boleh Buka sampai Jam 9 Malam

Dilema Air Minum Dalam Kemasan

Polisi lalu lintas, kata dia, telah dibekali peralatan guna menunjang pengaturan kendaraan saat libur Imlek. Semisal guna mengantisipasi banjir, mengingat curah hujan yang masih tinggi belakangan ini.

"Anggota saya sudah kami lengkapi dengan jas hujan dan sebagainya. Kita juga siapkan tim khusus untuk antisipasi banjir juga sudah ada tim yang kita lengkapi dengan alat-alat SAR. Jadi kalau ada pohon tumbang, ada jalan rusak dan sebagainya kita sudah siap untuk mengantisipasi segera sehingga kemudian masyarakat yang melaksanakan berpergian tidak terhalang," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kakorlantas Polri Irjen Istiono melakukan pengecekan kesiapan penerima protokol kesehatan dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro di Terminal Pulogebang, Jakarta Timur pada Selasa, 9 Februari 2021. Menurut dia, penerapan protokol kesehatan di terminal ini berjalan baik dengan tes Genose C19.

“Kita lihat Genose rapid secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturan SE 03 (Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2021) khusus untuk Bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random, untuk umum dan pribadi juga random,” kata Istiono di Terminal Pulogebang.

Ia mengatakan pengecekan ini untuk mengantisipasi libur panjang Imlek. Tentu akan dilakukan random test antigen di rest area sepanjang Jawa khususnya di jalan tol. Menurut dia, random cek antigen ini untuk menekan penyebaran COVID-19.

“Antisipasi libur panjang ini, kita sudah lakukan yaitu random test di rest area, jalan tol. Ini kesiapan kita bahwa Terminal Pulogebang sudah siap untuk melakukan langkah-langkah prokes COVID-19 yang harus dilakukan oleh penumpang. Agar COVID-19 bisa ditekan secara maksimal,” jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya