Upaya Anak Buah Irjen Fadil Buat Zona Hijau COVID-19 di Jakarta

Kapolda Metro Irjen Fadil Imran (tengah) bentuk kampung tangguh di Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA – Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengatakan, memerangi pandemi COVID-19 sekarang bukan cuma tugas pemerintah, tapi juga tugas Korps Bhayangkara.

Kombes Wira Blak-blakan Kapan Panggil Pendeta Gilbert soal Kasus Penistaan Agama

"Pekerjaan COVID menjadi tuntutan tugas kepolisian terkini karena negara kita sekarang tengah dilanda pandemi. Jadikan sebuah peluang untuk mendekatan diri ke masyarakat karena Polri merupakan tulang punggung harapan masyarakat," kata dia kepada wartawan, Selasa 16 Februari 2020.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Auliansyah Lubis menambahkan, salah satu cara yang dilakukan Polda Metro Jaya adalah lewat program Kampung Tangguh Jaya. Dia merasa yakin jika program Kampung Tangguh Jaya dapat menekan angka penyebaran COVID-19.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

"Kita optimistis bisa memerangi dan menekan angka COVID-19 dan Insya Allah bisa 0 sehingga bisa (zona) hijau di sini," kata Auliansyah menambahkan.

Kelima wilayah KTJ tersebut adalah Mampang Prapatan, Pancoran, Kalibata, Lenteng Agung dan Pesanggrahan.

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Aulia menyatakan, pihak kepolisian akan terus membantu penyediaan peralatan untuk pencegahan COVID-19. Salah satunya dengan menambahkan alat penyemprotan disinfektan. Tak hanya itu, Aulia juga berpesan kepada warga agar tetap menerapkan protokol kesehatan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan).

"Kami akan tambahkan alat penyemprotan manual. Kami juga upayakan semprotan menggunakan sepeda motor yang bisa menjangkau setiap gang permukiman secara rutin. Yang paling penting adalah mengedukasi pentingnya penerapan 4M kepada masyarakat. Petugas rutin berkeliling mengimbau ke warga dengan agar tetap disiplin menggunakan masker," kata Aulia.

Baca juga: Buat Zona Hijau Corona, Irjen Fadil: Bhabinkamtibmas Pindah ke Reserse

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya