Dua RS Siloam Tambah Kapasitas Ruang Isolasi dan ICU COVID-19

Ruang ICU dan perawatan COVID-19 Siloam Hospital.
Sumber :
  • Dokumentasi Siloam.

VIVA – Rumah Sakit Siloam menambah kapasitas lebih dari 100 tempat tidur isolasi dan ICU untuk dua rumah sakit khusus COVID-19. Kedua RS itu berlokasi di Mampang, Jakarta Selatan dan Kelapa Dua, Tangerang.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir

Deputy President Director Siloam Hospitals Group Caroline Riady mengungkapkan, penambahan kapasitas penanganan COVID-19 ini lakukan sebagai upaya untuk melayani pasien terkonfirmasi COVID-19 secara lebih baik dan memadai. 

Selain itu, hal ini juga sejalan dengan instruksi Kementerian Kesehatan RI bagi rumah sakit swasta. Untuk, bersinergi dengan Pemerintah melalui penambahan kapasitas kamar dan tempat tidur untuk pasien COVID-19.

Detik-detik Terakhir Kepergian Stevie Agnecya, Sebelum Meninggal Ingin Pakai Hijab

"Agar dapat memberikan pelayanan lebih efektif dan menanggulangi pandemi COVID-19,” ujar Caroline dikutip dari keterangannya, Kamis, 18 Februari 2021.

Baca juga: Gubernur BI Pede Rupiah Bakal Makin Menguat, Ini Alasannya

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Sebagai rumah sakit yang diperuntukkan khusus untuk melayani pasien COVID-19, Siloam Hospitals Mampang dan Kelapa Dua telah merawat hampir 4 ribu pasien terkonfirmasi, sejak dioperasikan secara resmi tahun lalu. Penambahan jumlah tempat tidur isolasi terbanyak juga dilakukan di kedua rumah sakit ini.  

Upaya tersebut Lanjut Caroline, diharapkan mampu menunjang perawatan sekaligus memberikan tempat lebih kepada pasien baru terkonfirmasi COVID-19. Agar dapat terlayani secara optimal. 

Saat ini menurutnya, Siloam Hospitals telah menjadikan 4 dari total 39 Rumah Sakit Siloam untuk melayani pasien COVID-19 sepenuhnya. Penambahan kapasitas di dua Rumah Sakit tersebut menjadikan total penambahan tempat tidur pasien COVID-19 menjadi 769 tempat tidur pasien. 

"Sehingga di semua Rumah Sakit Siloam Hospitals ada total 1.800 tempat tidur yang bisa melayani pasien COVID-19 di seluruh Indonesia. 

Dia menegaskan, seluruh proses perawatan, pengobatan, hingga pemulihan sesuai indikasi medis di Siloam Hospitals sepenuhnya dijamin oleh Pemerintah.

Karena itu, jika membutuhkan bantuan terkait rumah sakit rujukan COVID-19, masyarakat dapat menghubungi nomor WhatsApp Siloam Hospitals Mampang 0811 1959 2397 dan WhatsApp Siloam Hospitals Kelapa Dua 0852 1133 2181. 

"Petugas Siloam Hospitals akan siaga menangani rujukan kasus COVID-19 selama 24 jam," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya