Operasi Lintas Jaya 2021, Anies: Tumbuhkan Budaya Tertib Lalu Lintas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA / Willibodus (Jakarta)

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel Operasi Lintas Jaya 2021, di halaman Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin, 22 Februari 2021. Apel tersebut diikuti seluruh jajaran Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta yang terdiri dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP DKI Jakarta.

Respons Anies soal Semua Gugatan Sengketa Pilpres Ditolak Hakim MK

Membuka sambutannya, Anies mengapresiasi seluruh pihak yang menyukseskan gelaran Operasi Lintas Jaya 2021 kepada segenap warga Ibu Kota. Ia juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada aparat TNI dan Polri, beserta jajaran Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

"Karena hari ini kita melaksanakan Operasi Lintas Jaya 2021 di seluruh wilayah DKI Jakarta. Jadikan tugas ini sebagai kehormatan yang diberikan negara untuk menumbuhkan budaya tertib lalu lintas,” kata Anies.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Kata dia, program ini dinilai penting guna mewujudkan Kota Jakarta yang ramah dan tertib berlalu lintas, menuju kota yang sehat dan memberikan keselamatan jalan yang berkaitan dengan budaya tertib berlalu lintas bagi para pengguna jalan, serta aspek teknis kendaraan angkutan umum dan barang.

Operasi Lintas Jaya 2021 sekaligus untuk menyosialisasikan 5 (lima) Pilar Rencana Umum Nasional Keselamatan, antara lain Manajemen keselamatan jalan (Safer Management), Jalan yang berkeselamatan (Safer Road),Kendaraan yang berkeselamatan (Safer Vehicle), Pengguna jalan yang berkeselamatan (Safer People), Perawatan pascakecelakaan (Post Crash).

Anies Baswedan Yakin Hakim MK Berani Ambil Keputusan Terbaik untuk Indonesia

Lebih lanjut, Anies berpesan agar seluruh jajaran menegakkan aturan dalam Operasi Lintas Jaya 2021 sehingga akan memunculkan kebiasaan taat tertib lalu lintas. Kebiasaan ini yang nantinya akan melahirkan budaya tertib lalu lintas.

“Kita perlu memastikan aturan itu dilaksanakan sehingga menjadi kebiasaan
untuk paham aturan, disiplin berlalu lintas,  sehingga jadi kebiasaan dan menjadi budaya karena budaya muncul lewat pembiasaan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, pada pelaksanaan Operasi Lintas Jaya 2021, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan fokus pada penanganan empat hal. Di antaranya bagaimana mewujudkan transportasi yang berkeselamatan, berkeamanan, nyaman, serta transportasi yang sehat bagi warga Jakarta di tengah-tengah pandemi COVID-19.

“Oleh sebab itu, perwujudan dari pelaksanaan pengawasan 2021 ini adalah selain pemenuhan persyaratan administrasi teknis dan layak jalan kendaraan bermotor," ujarnya. 

Dia menambahkan, "Juga akan dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan di seluruh layanan angkutan umum yang ada di Jakarta, serta penertiban parkir liar di Jakarta, dan penertiban terhadap terminal bayangan sejalan dengan rencana umum nasional keselamatan jalan."
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya