Anies Sebut Banjir Ekstrem Tuntas Ditangani Berkat Kerja Kolosal

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi kawasan Kemang.
Sumber :
  • VIVA/ Vicky Fajri.

VIVA – Gubenur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan bahwa dia merasa bersyukur kepada Allah SWT bahwa genangan dan banjir ekstrem yang terjadi pada Sabtu dini hari telah tuntas ditangani.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

"Hari Minggu semua telah surut dan hari Senin pagi kegiatan ekonomi, kegiatan pemerintahan bisa berjalan tanpa gangguan apa pun akibat hujan ekstrem itu," kata Anies melalui video pendek di Jakarta, Selasa, 23 Februari 2021.

Anies mengatakan, dia ingin menyampaikan terima kasih kepada 16 ribu petugas Pemrov DKI yang bekerja non-stop, mnegerahkan semua kekuatan untuk mengendalikan 644 pintu air, mengerahkan 1.013 pompa, termasuk 228 truk pemadam kebakaran dan 100 truk penyiraman tanama.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

"Juga apresiasi kepada petugas bantuan pangan bantuan kesehatan, dan bantuan sosial yang terjun langsung kepada warga yang terdampak," katanya.

Gubernur DKI itu juga mengapresiasi kapolda dan jajaran Polda Metro Jaya, Pangdam Jaya dan Pangkoops AU dan jajaran Koopsau, Pangarmada I dan seluruh jajaran Koarmada I dan Lantamal 3 dan seluruh jajarannya yang terlibat langsung. Polisi dan TNI disebutnya langsung bekerja di lapangan menyelamatkan warga Jakarta yang terdampak oleh hujan yang ekstrem. Anies juga berterima kasih kepada Palang Merah Indonesia dan juga lembaga sosial Amil Zakat, ormas, ormas keagamaan yang memberikan bantuan yang terdampak banjir.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Menurut Anies, penanganan banjir sebagai dampak curah hujan itu adalah sebuah kerja kolosal yang direncanakan dengan serius dan bisa dilaksanakan secara bersama-sama.

"Sehingga, akhirnya alhamdulillah atas izin Allah, ikhtiar kolektif ini bisa secara cepat memulihkan kondisi di ibu kota, mengembalikan Jakarta bisa berkegiatan seperti semula," katanya.

Anies mengatakan dia juga berdoa semoga kerja luar biasa dicatat oleh Allah  SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai amal baik. Namun demikian kewaspadaan perlu ditingkatkan dengan memperhatikan peringatan dari BMKG terkait dengan ramalan cuaca sepekan ke depan.

"Insya Alllah Jakarta dijauhkan dari bencana, semoga Allah SWt merahmati kota Jakarta," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya