Angkat Kadis SDA Baru Pasca Banjir Jakarta, Anies Titip Pesan Khusus

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada 12 (dua belas) Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta serta pengukuhan Kepala Kantor Regional V Badan Kepegawaian Negara (BKN) Jakarta di Balai Kota DKI Jakarta, pada Selasa, 23 Februari 2021.

Bandara Dubai Beroperasi Kembali Setelah Banjir Bandang

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut merupakan hasil uji kompetensi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov DKI Jakarta tahun 2021. Dasar hukum pelantikan ini berdasarkan SK Kepala BKN Nomor 3/KEP/2021, SK KASN Nomor B-836/KASN/02/2021 dan B-874/KASN/02/2021, SK DPRD Provinsi DKI Jakarta Nomor 1184/-071.82/2020 dan Nomor 76/-071.82/202, serta Kepgub Provinsi DKI Jakarta Nomor 1184/-071.82/2020 dan Nomor 76/-071.82/2021.

Dari 12 pejabat baru yang dilantik, ada jabatan Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta yang dirotasi. Anies mengangkat Asistem Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Yusmada Faizal Samad sebagai Kadis SDA DKI Jakarta menggantikan Juaini Yusuf yang dipindah menjadi Wakil Wali Kota Jakarta Utara.

Viral Video Detik-detik Seekor Kucing Diselamatkan di Tengah Banjir Melanda Dubai

Anies punya pesan khusus untuk Kadis SDA DKI Jakarta yang baru dilantik. Khususnya di dalam menghadapi musim penghujan seperti saat ini yang rawan potensi banjir.

"Kita sama-sama menghadapi musim hujan, khusus kepada Kepala Dinas Sumber Daya Air yang telah ada pengalaman, jika sudah mendapatkan amanat, untuk segera mengorganisir kekuatan kita dalam menanggulangi musim penghujan. Segera pastikan pengelolaan kita di sana berjalan dengan sebaik-baiknya," kata Anies.

Viral Aksi Warga Dubai Tarik Mobil saat Banjir Pakai Jetski

Kepada pejabat yang baru dilantik, Anies meminta untuk segera melakukan penyesuaian, karena Pemprov DKI Jakarta tengah menghadapi kondisi kerja yang sangat dinamis, terutama dalam masa pandemi serta musim penghujan. 

Oleh karena itu, mereka yang akan beradaptasi, diminta segera melakukan inisiatif terhadap kebaruan saat menjalankan kebijakan. 

"Saat ini, kita harus memikirkan suatu kebaruan akan dibawakan di tempat yang baru, lalu siapkan langkah untuk benar-benar membawa kebaruan. Sejauh ini, ada tantangan yang tidak kecil dan itu sedang kita hadapi bersama sama," kata Anies.

Selain itu, Anies juga berpesan kepada pejabat yang baru dilantik untuk meneladani sifat pemimpin, karena jika sekadar menjadi pejabat hanya fokus kepada kewenangan. Kata dia, sosok pemimpin diperlukan karena bisa menjadi teladan yang diikuti perkataannya, maupun perbuatannya. 

"Saya sampaikan, jadilah sosok teladan di tempat bekerja, karena kita harus memanfaatkan segala kebaruan untuk membawa suasana yang berbeda. Kita masih dalam satu organisasi yang sama, tempatnya berganti, tapi tujuannya tidak berubah dalam melaksanakan semua perintah, baik dalam bentuk konstitusi, Perda, Pergub, Kepgub, maupun Ingub," ujarnya.

Berikut 12 daftar pejabat DKI ynag baru dilantik:

1. Julia Leli Kurniatri, sebagai Kepala Kantor Regional V BKN Jakarta
2. Sigit Wijatmoko, sebagai Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
3. Afan Adriansyah Idris, sebagai Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta
4. Syaefuloh Hidayat, sebagai Inspektur Provinsi DKI Jakarta
5. Dhany Sukma, sebagai Walikota Jakarta Pusat
6. Ali Maulana Hakim, sebagai Walikota Jakarta Utara
7. Maria Qibtya, sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi DKI Jakarta
8. Yusmada Faizal, sebagai Kepala Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta
9. Premi Lasari, sebagai Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta
10. Chaidir, sebagai Wakil Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta
11. Juaini, sebagai Wakil Walikota Jakarta Utara
12. Bayu Meghantara, sebagai Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Setda Provinsi DKI Jakarta
13. lin Mutmainnah, sebagai Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Barat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya