Jalur Sepeda Sudirman-Thamrin akan Permanen Bulan Depan

Ilustrasi jalur sepeda.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pembuatan jalur sepeda permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin ditargetkan rampung pada Maret 2021.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

"Saat ini sudah dalam proses konstruksi dan kami harapkan selesai bulan Maret," kata Syafrin di Jakarta, Rabu malam.

Syafrin menyebut jalur sepeda itu nantinya bakal dibatasi oleh "planter box" untuk memisahkan dengan jalur kendaraan bermotor.

Alasan Sedan Listrik BMW i5 Belum Memiliki Harga

"'Planter box' lagi diproduksi di workshop kontraktor, kemudian di badan jalan disiapkan tempatnya berupa marka," ujarnya.

Syafrin menyebut, jalur sepeda ini nantinya bakal membentang dari Bundaran Senayan hingga Bundaran HI dan memiliki total panjang 11,2 kilometer. Proyek pembuatan jalur sepeda permanen ini pun diperkirakan menelan biaya hingga Rp30 miliar.

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan

Meski demikian, Syafrin menjamin tidak ada anggaran sepeserpun yang dikeluarkan Pemprov DKI dalam proyek ini.

"Anggarannya sekitar Rp30 miliar dari kompensasi pihak ketiga," kata Syafrin.

Agar jalur sepeda permanen ini tak diserobot pengguna kendaraan bermotor, pihaknya bakal berkoordinasi dengan Kepolisian serta memberikan edukasi juga bakal diberikan kepada pengguna kendaraan bermotor dan sepeda agar mereka melaju di jalur yang telah ditetapkan.

"Kami akan mengedukasi kepada seluruh pengendara, baik itu kendaraan bermotor atau sepeda untuk menggunakan lajur yang sudah diperuntukkan bagi masing-masing kendaraan. Pada prinsipnya, Jakarta menyediakan ruang lalu lintas untuk berbagi jalan," katanya. (Antara/Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya