Vaksinasi Petugas Pelayanan Publik, Tangerang Siapkan 3 Tim Khusus

Kegiatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang, Kamis, 25 Februari 2021.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – Pemerintah Kabupaten Tangerang menyiapkan tiga tim khusus dalam proses penyuntikkan vaksin Sinovac COVID-19 kepada para petugas pelayanan publik.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesal Rasyid mengatakan, tiga tim tersebut terdiri dari empat meja tahapan vaksinasi, mulai dari pendataan, pemeriksaan kesehatan, penyuntikkan hingga observasi.

"Masing-masing tim ada empat meja tahapan suntik vaksin, dengan petugas kesehatan yang diturunkan yakni 18 orang untuk 370 penerima vaksin yang hari ini disuntik," katanya, Kamis, 25 Februari 2021.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Dalam hal ini, proses penyuntikkan tahap kedua termin satu ditujukan kepada anggota TNI-Polri, pegawai pemerintahan, guru hingga wartawan.

Sementara itu, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, penyuntikkan vaksin kepada petugas pelayanan publik ini akan ditargetkan selesai pada Maret 2021, baik itu termin satu dan dua.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Maret selesai semua, dan nanti kita lanjut di tahapan ketiga dan keempat dengan sasaran masyarakat umum. Dimana tentunya, akan kita buka pendaftaran dan pendataan melalui sistem online," ujarnya.

Lalu, pihaknya juga telah menyiapkan petugas khusus bila nantinya ditemukan kondisi KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi.

"Penerima vaksin di tahap kedua ini cukup banyak, maka kita juga siapkan sekitar 18 dokter spesialis untuk melayani kondisi KIPI dengan tiga rumah sakit sebagai rujukan, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangerang, RSUD Balaraja dan RSUD Pakuhaji," ujarnya.

Untuk diketahui, pada tahap kedua ini sebanyak 25.155 penerima suntik vaksin COVID-19. Dimana, vaksin yang digunakan merupakan vaksin Sinovac produksi PT Biofarma.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya