PSI Mau Interpelasi Anies, Riza Patria: Hak Harus Digunakan Bijak

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.
Sumber :
  • Twitter, @aniesbaswedan.

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) bisa bijak menggunakan hak interpelasi di DPRD DKI.

Terbuka untuk Bertemu, Anies Sebut Prabowo Bukan Musuh tapi Lawan

"Semua hak itu digunakan harus secara bijak, baik untuk mencapai tujuan dalam rangka mencapai kepentingan bangsa serta Jakarta ke depan," kata Riza di Jakarta, Jumat.

Riza menyampaikan demikian untuk menanggapi niat PSI  untuk mengajukan hak interpelasi atas kinerja Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait persoalan banjir di Ibu Kota.

PSI Ungkap Sosok Gubernur yang Tepat Pimpin Jakarta

Hak interpelasi adalah hak para anggota DPR untuk meminta keterangan atau pertanggungjawaban kepada pemerintah mengenai kebijakan dalam suatu bidang.

Menurut Riza, tidak boleh ada kepentingan lainnya, sekali pun berada pada posisi yang berbeda. Ia menyinggung mulai dari oposisi hingga pro pemerintah, maka tetap harus dilihat kebijakan pemerintah itu secara utuh.

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan

Meski demikian, ia mempersilakan anggota DPRD mempertanyakan urusan DKI yang dirasa tak sesuai dengan ketentuan.

Riza meyakini jajarannya selalu melibatkan legislatif dalam merencanakan penanggulangan banjir.

"Saya kita selama ini antara eksekutif dengan legislatif, sudah baik hubungannya. Kami dalam perencanaan pembangunan, termasuk terkait banjir, semua kita komunikasikan dengan legislatif, dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Bappenas," ujarnya.

Menurut Riza, penanganan banjir di Ibu Kota saat ini sudah berjalan cukup baik.

Dia membanggakan banjir yang cepat surut dan jumlah pengungsi yang semakin turun dari tahun ke tahun.

"Kalau melihat fakta dan data, Alhamdulillah Jakarta satu-satunya provinsi yang dalam waktu sehari surut (banjirnya), bahkan Pak Gubernur mencanangkan enam jam surut. Sejak kapan? Sejak banjir selesai, sejak banjir kiriman berhenti, ukurannya enam jam," jelasnya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya