Vaksinasi COVID-19, Pedagang Pasar Tangerang Menjerit Histeris

Vaksinasi COVID-19 pedagang pasar Kota Tangerang
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Vaksinasi tahap kedua termin satu untuk para pedagang pasar di Kota Tangerang, Banten sudah dimulai pada Senin, 1 Maret 2021.

Rupiah Melemah ke Level Rp 16.192 Per Dolar AS, Investor Cermati Dinamika Konflik Timur Tengah

Terpusat, di Novotel, Kota Tangerang, sebanyak 3.200 pedagang pasar hingga pelaku usaha di pusat perbelanjaan Tangerang City Mall pun mendapatkan vaksinasi.

Pada prosesnya, masih banyak penerima vaksin yang ternyata takut jarum suntik. Seperti yang terjadi pada, Agus, pedagang pasar dikawasan Pasar Malabar ini sampai berteriak-teriak histeris di meja tiga saat dia hendak disuntik.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Bahkan, ia terlihat gemetar hingga harus mendapatkan penanganan dari tenaga medis lainnya untuk menenangkannya.

"Betul tadi yang bersangkutan ketakutan, sempat ditenangi lebih dahulu, dikasih arahan kurang lebih 10 menit. Sampai akhirnya yang bersangkutan bisa kita suntik dan langsung diarahkan ke observasi," kata petugas medis bernama Lina.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Dia juga mengatakan, memang yang bersangkutan pun mengaku takut akan jarum suntik. Oleh karena itu sempat histeris tatkala akan disuntik vaksin.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Liza Puspadewi mengatakan, sebanyak 30 tenaga medis dalam kategori healing pun dikerahkan pihaknya.

"Kita ada 30 tim dengan masing-masing satu petugas untuk healing atau membantu menenangkan para penerima vaksin yang ketakutan," ujar Liza.

Pihaknya juga menargetkan, proses suntik vaksin pada pedagang pasar itu akan selesai dalam satu hari. Dan nantinya akan dilanjutkan ke proses suntik untuk para lansia.

"Setelah selesai pedagang pasar, kita lanjut ke lansia, sembari menunggu kuotanya," ungkapnya.

Sebanyak 3.200 ribu pedagang UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah, pedagang di pasar hingga pusat perbelanjaan di wilayah Kota Tangerang menjalani suntik vaksin Sinovac COVID-19, Senin, 1 Maret 2021.

Ribuan pedagang ini terdiri dari 700 pedagang pasar anyar, 700 pasar pasar malabar dan 1.800 pegawai di pusat perbelanjaan Tangerang City Mall dan tenant (kios).

Proses vaksinasi pada ribuan peserta pun dilakukan terpusat di Ballroom Novotel, Kota Tangerang.

"Hari ini kita targetkan 3.200 orang selesai divaksin, supaya nantinya bisa berlanjut ke pedagang pasar lainnya, seperti pasar lama dan pedagang di kisamaun. Mengingat, orang-orang itu memiliki intensitas yang cukup tinggi dalam berinteraksi dengan masyarakat," kata Liza lagi.

Sementara itu, Direktur Tangcity Norman Eka Saputra mengatakan, dengan adanya vaksinasi terhadap pelaku usaha di pusat perbelanjaan diharapkan menumbuhkan rasa tenang bagi para pedagang dan pengunjung.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya