Gejala Ringan-Berat Dialami Para Pegawai di Tangerang Usai Vaksin

Juru Bicara Satgas COVID-19 Tangerang dr Hendra Tarmizi
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Proses vaksinasi COVID-19 kepada para petugas pelayan publik di wilayah Kabupaten Tangerang hampir selesai. Satuan Tugas Penanganan COVID-19 menyebutkan, bila dari 25.155 penerima vaksin ada sekitar 40 persen sudah tervaksinasi.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Dari persentase tersebut, sebanyak 15 persen petugas pelayanan publik yang mengalami kejadian ikutan pasca-imunisasi (KIPI) mulai dari gejala yang ringan sampai yang berat.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, KIPI yang terjadi pada penerima vaksin Sinovac produksi PT Biofarma ini di antaranya pegal, pusing hingga mual.

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

"Ada kasus KIPI yang ringan itu seperti mual, pusing, dan pegal-pegal. Lalu ada juga yang berat seperti gangguan pencernaan, dan kasus yang berat ini ada 3 persen atau sekitar 50 persen. Di mana beberapa di antaranya ada yang dirujuk ke rumah sakit yang telah ditetapkan," kata Hendra pada Rabu, 3 Maret 2021.

Namun memang kata dia untuk kasus KIPI berat tidak seluruhnya diakibatkan oleh suntik vaksin. Diakui memang ada faktor lain juga di dalamnya.

Restrukturisasi Kredit Berakhir, Bank Mandiri: Kondisi Debitur Terdampak COVID-19 Kembali Normal

"Kalau yang bera pas kita periksa, ternyata bukan karena vaksin tapi karena faktor lainnya. Mulai dari faktor makanan yang dia makan, sampai sugesti. Makanya setiap penerima vaksin, kita anjurkan untuk tenang dan berpikir positif karena kalau tegang atau berpikir yang negatif maka akan mempengaruhi kondisi tubuh sebelum dan sesudah divaksin," ujarnya.

Proses vaksinasi terhadap pelayan publik nantinya akan selesai pada Maret 2021 dengan target selanjutnya adalah pelaku usaha, masyarakat umum dan termasuk lansia.
 

Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong akan mengundurkan diri dari jabatannya bulan depan. Wakilnya, Lawrence Wong, yang nantinya akan mengambil alih jabatan ter

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024