Jalan Tanjung Burung Ambles, Warga Kandang Genteng Kesulitan Akses

Jalan Tanjung Burung amblas
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly

VIVA – Jalan di Kampung Kandang Genteng, Desa Tanjung Burung, Teluknaga, Kabupaten Tangerang, tiba tiba ambles. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu, 13 Maret 2021 pukul 21.00 WIB. 

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat

Kepala Desa Tanjung Burung Idris Efendi mengatakan, jalan ambles itu terjadi akibat kikisan air dari Sungai Cisadane yang melintang di kawasan setempat. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam amblesnya jalan ini. "Ini tanahnya terkikis, jadi amblas jalannya," kata Idris, Selasa, 16 Maret 2021.

Akibatnya, sejumlah warga di Kampung Kandang Genteng, Bebulak, Barat, Cirumpak dan Beting kesulitan mengakses jalan menuju Jalan Raya Kampung Melayu, Tangerang.

Mulai Dibuka, Ini Jam Operasional Akses Tol ke Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim

"Akses jalan warga memang jadi sulit. Tapi, kami sudah buat alternatifnya, dengan melewati kampung lain," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Tangerang, Slamet Budi Mulyanto mengatakan, pemerintah daerah sudah menyiapkan sejumlah skenario dalam penanganan jalan longsor itu. 

Bersedekah Lewat Paket

Skenario jangka pendek yang segera dilakukan dengan membuat jalan alternatif sementara. Jalan alternatif itu nanti menggunakan lahan milik warga dan perusahaan.

Menurutnya, jalur alternatif sepanjang 100 meter akan disiapkan di sisi kanan jalan yang longsor.

"Ini sudah tahap pembicaraan dengan pemilik lahan, kalau semuanya berjalan lancar, jalan alternatif segera kami bangun," tutur Idris.

Adapun untuk proses perbaikan jalan longsor, pihaknya masih harus menunggu pembangunan tanggul yang akan dikerjakan Balai Ciliwung Cisadane. 

"Karena jika tidak dibangun tanggul dulu, jalan akan longsor lagi, mengingat peristiwa itu akibat kikisan air dari Sungai Cisadane," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya