Polda Olah TKP Mercy Tabrak Pesepeda di HI Menggunakan Digital

Pesepeda jadi korban kecelakaan di Bundaran HI, Jakarta, Jumat, 12 Maret 2021.
Sumber :
  • Twitter @tmcpoldametro.

VIVA – Jajaran Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, bersama Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya, melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) terkait kecelakaan tabrak lari pengemudi mobil Mercedes alias Mercy dengan pesepeda, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat pada Rabu, 17 Maret 2021.

Minibus Tertabrak Kereta Api di Brebes, Penumpang Tewas Terseret Hingga 10 Meter

“Korlantas Polri dan Polda Metro Jaya, hari ini melakukan olah TKP dengan alat teknologi yaitu Traffic Accident Analysis (TAA),” kata Kasubdit Laka Direktorat Gakkum Korlantas, Kombes Agus Suryo Nugroho.

Dia menjelaskan, penyidik Polda Metro nanti berkoordinasi dengan Korlantas Polri akan membuat gambaran TKP kecelakaan lalu lintas secara digital. Sehingga, hasil olah TKP secara digital bisa menguatkan proses penyidikan terutama saat pelaksanaan sidang di pengadilan.

Mobil Gran Max Langsung Terbakar saat Kecelakaan Maut di Km 58, Ada 3 Unsur Penyebabnya

Baca juga: Hunian Program DP Nol Persen di Jakarta Terjual 681 Unit

“Tentunya meyakinkan kepada hakim bahwa peristiwa tersebut bisa digambarkan dengan elektronik digital oleh hasil TAA,” ujarnya.

Polisi Antisipasi Macet di Jadetabek Karena Mudik Lokal di Hari Lebaran

Sementara Analis Kebijakan Direktorat Penegakkan Hukum (Gakkum) Korlantas Polri, Kombes Dodi menjelaskan penyidikan kecelakaan lalu lintas menggunakan teknologi forensik investigation ini membuktikan kepada masyarakat agar lebih hati-hati lagi di jalan.

Selain itu, kata dia, cara ini sebagai bentuk peringatan untuk mencegah masyarakat melakukan aksi kejahatan. Apalagi, 244 kamera E-TLE (Electronic Traffic Law Enforcement) akan dipasang pada 23 Maret 2021.

“Jadi tidak ada lagi pelaku kejahatan yang aman di jalan. Jangankan laka lantas (kecelakaan lalu lintas), kejahatan tabrak lari dan kejahatan lainnya terdeteksi dengan cepat,” jelas dia.

Sebelumnya, seorang pesepeda jadi korban tabrak lari di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, pada Jumat, 12 Maret 2021, pagi. Informasi tersebut disampaikan oleh TMC Polda Metro Jaya melalui akun twitter resmi, @TMCPoldaMetro.

"06.37 Terjadi Kecelakaan Tabrak lari antara pesepeda dgn kendaraan Roda 4 disekitar Bundaran HI Jakpus saat ini sudah di tangani petugas Polri," tulis @TMCPoldaMetro.

Dalam foto yang diunggah @TMCPoldaMetro, terlihat pengendara sepeda tergeletak di tengah jalan. Selain itu, tampak sejumlah pesepeda lainnya berusaha memberikan pertolongan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya