Anies Mau Masjid di Jakarta Jadi Contoh Tempat Ibadah Ramah Lingkungan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • Istimewa/Syaefullah

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan harapan agar masjid di Ibu Kota bisa jadi contoh tempat ibadah yang ramah lingkungan. Ia berpesan kepada pengurus masjid mampu mendorong kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

“Kami berharap kepengurusan DMI sekarang menempatkan masalah lingkungan hidup sebagai masalah penting untuk diselesaikan. Kontribusi masjid di dalam pengelolaan lingkungan menjadi amat penting," ujar Anies saat acara pelantikan engurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) wilayah Provinsi DKI Jakarta, di Balai Kota Jakarta, Rabu, 17 Maret 2021.

Anies pun berharap makin banyak masjid di Jakarta yang menerapkan program ramah lingkungan. Dengan ramah lingkungan, maka pengelolaannya bisa jadi contoh dan akan mengajak masyarakat sekitar secara positif.

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

Dia memberikan contoh pemanfaatan air di masjid yang dapat dikelola secara bijak. Misalnya, air bekas wudhu untuk menyiram tanaman ataupun dimanfaatkan untuk keperluan lain.

“Di masjid, kita memanfaatkan air, dan pemanfaatan air di Jakarta merupakan salah satu barang yang ada unsur kelangkaannya. Apalagi di tempat yang air bersihnya terbatas, sehingga ini perlu ada solusi. Dan kami di DKI sudah menyiapkan panduannya, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut,” jelasnya.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta mendukung dan memberikan bantuan untuk seluruh rumah ibadah semua agama dalam bentuk Bantuan Operasional Tempat Ibadah (BOTI).

“Di DKI, kita membantu semua rumah ibadah, semua agama dalam program BOTI, nilainya 2 juta per bulan untuk tempat ibadah besar seperti masjid dan 1 juta untuk tempat ibadah yang kecil," lanjut Anies.

"Begitu juga para pekerja agama, mereka mendapatkan bantuan 500 ribu. Jadi, harapannya ini menjadi salah satu pendukung kegiatan keagamaan. Dan kita ingin semua merasakan kesetaraan dalam beribadah di Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), Jusuf Kalla mendukung penuh kolaborasi antara Pemprov DKI dan DMI wilayah DKI Jakarta. Menurutnya, masjid ke depan akan menghadapi tantangan yang lebih banyak. Maka itu, masjid dan para pengurusnya harus ikut membuat solusi, termasuk masalah lingkungan.

“Masjid harus kita makmurkan, tapi lebih penting kita makmurkan masyarakatnya. Saya ucapkan terima kasih atas bantuan partisipasi dan pembinaan masjid di DKI Jakarta,” tutur JK, sapaan akrabnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya