Pabrik Pengolah Limbah Didemo Warga gara-gara Bau Bangkai Tikus

Ratusan orang mendatangi pabrik pengelolaan limbah B3 PT Prasadha Pamunah Limbah Industri di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, gara-gara bau busuk seperti bangkai tikus dari pabrik itu, Jumat malam 19 Maret 2021.
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Bau asap menyengat seperti bangkai tikus dari pabrik pengelolaan limbah B3 PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) di Desa Nambo, Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membuat ratusan warga kesal hingga mereka mendatangi lokasi pabrik, Jumat malam 19 Maret 2021. Warga kesal karena bau tak hilang sejak pagi.

Senang Kendaraan Listrik Makin Menjamur, Jokowi Sebut Pabrik Baterai Beroperasi Bulan Depan

"Baunya kaya bangkai tikus. Karena enggak kuat baunya, warga demo. Mulai ramai tadi demonya sehabis magrib sampai sekarang masih padat," kata Yulianti, warga yang sempat mendatangi lokasi.

Bau menyengat tercium hingga puluhan kilometer ke desa sekitar dan kecamatan lain. Wilayah itu juga seperti tertutup asap kabut. Warga sudah mengenakan masker tetapi baunya tetap tercium.

Merawat Bumi, Dari Lampu Tidak Terpakai ke Daur Ulang yang Berarti

Warga lainnya mengaku bau menyegat hingga masuk ke dalam rumah. Bau itu membuat sebagian warga mual dan pusing. Bahkan, bau itu sampai ke wilayah yang termasuk dalam kota tetangga, Depok.

Camat Klapanunggal Ahmad Kosasih memeriksa lokasi pabrik setelah ratusan orang mendatangi lokasi pabrik akibat bau yang menyengat. Bau yang menyengat bersumber dari kebocoran, sesuai hasil investigasi manajemen perusahaan, katanya.

Ada Motor LIstrik Lucu nan Menggemaskan di Kemayoran, Segini Harganya

Manajemen perusahaan itu, menurutnya, belum bisa ditemui karena tidak ada di lokasi. Warga yang melakukan aksi sudah membubarkan diri. Aparat kecamatan sudah melaporkan kejadian itu kepada Dinas Lingkungan Hidup agar segera ditangani dan tak menimbulkan bau busuk lagi.

"Pihak manajemen belum ada, yang ada di lokasi pihak CSR. Jadi, secara teknis mereka tidak paham. Besok pagi akan di datangi lagi,” katanya.

Pupuk Kaltim.

Target Rampung 2025, Pupuk Kaltim Mulai Revamping Pupuk Tertuanya

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menegaskan komitmen dan inisiatif dalam memimpin transformasi hijau industri pupuk dan petrokimia Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024