Tim Gegana Dua Kali Ledakkan Bom Terduga Teroris di Condet

Personel Gegana Brimob saat mengamankan sebuah benda mencurigakan di keramaian beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin

VIVA – Aparat kepolisian dari Satuan Gegana Polda Metro Jaya berhasil menemukan sejumlah bahan baku peledak bom di rumah terduga teroris, di Jalan Raya Condet, RT 5 RW 3, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin, 29 Maret 2021. 

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Salah satu bahan aktif yang ditemukan dan tak bisa diangkat akhirnya dimusnahkan di tempat.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, pihak bersama Tim Gegana Polda Metro Jaya menemukan bahan tersebut setelah dilakukan penggeledahan menyeluruh di showroom dan kediaman para terduga teroris tersebut. 

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Kediaman para terduga teroris tersebut terletak tepat di belakang showroom, yang bertempelan.

Bahan aktif bom yang tidak bisa diangkat tersebut ditemukan di lantai dua rumah terduga teroris. Saat bahannya diledakkan, aparat telah mengamankan mesiu atau bahan peledakya, agar pemusnahan bahan pembuat bom tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan dan lainnya.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

"Kita adakan disposal atau pemusnahan di lokasi dan sisanya di Lapangan Batu Ampar (tak jauh dari lokasi showroom) karena tidak mungkin diledakan semuanya di lokasi. Untuk keterangan lebih lanjut diserahkan ke Polda," kata Erwin di lokasi, Senin 29 Maret 2021.

Di Lapangan Batu Ampar, saat ini sedang dilakukan penggalian lubang, agar bahan yang diledakkan tersebut tidak menyebar. Proses penggalian lubang di Lapangan Batu Amper ini dibantu oleh warga dan petugas PPSU.

Sebelumnya, pihak Kepolisian mengamankan dua orang terduga teroris di kawasan Condet, Jakarta Timur pada Senin siang, 29 Maret 2021. Kedua orang terduga teroris itu diamankan di kediaman pribadi yang digunakan sebagai showroom mobil.

Dari pantauan di lokasi, terlihat mobil dari tim Gegana Polda Metro Jaya sudah berada di depan lokasi kediaman terduga teroris. Polisi satuan Densus 88 Antiteror Polri mengamankan satu orang pria sekitar pukul 10.30 WIB dan selanjutnya mengamankan satu orang wanita yang mengenakan gamis dan kerudung hitam dari rumah tersebut.

Diketahui, kedua orang yang diamankan tersebut merupakan pasangan suami istri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya