Irjen Fadil Beberkan Barbuk Teroris, Ada FPI dan Habib Rizieq

Barang bukti terduga teroris ada poster Habib Rizieq
Sumber :
  • VIVA / Foe Peace

VIVA – Dalam penggerebekan terduga teroris di Bekasi dan Condet, Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menyita beberapa barang bukti. Ada beberapa barbuk yang mengandung unsur Front Pembela Islam (FPI). 

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Mulai dari seragam FPI berwarna hijau dan putih, seragam putih Laskar FPI Cabang Cibarusah, Bekasi. Kemudian, ada juga buku bertuliskan FPI Amar Ma'ruf Nahi Munkar. Ada pula compact disc (CD) berisikan ceramah dengan tema yang berbeda-beda serta CD yang berisikan tabligh akbar Aksi Bela Islam dengan mencantumkan wajah eks pentolan FPI, Habib Rizieq Shihab.

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengatakan pihaknya tengah menyelidiki adanya keterlibata FPI dengan terduga teroris ini.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

"Tentunya akan menjadi temuan awal yang didalami oleh teman-teman penyidik Densus 88 Antiteror Polri," ucap Fadil di Markas Polda Metro Jaya, Senin 29 Maret 2021.

Kemudian, kepolisian juga mengamankan kalender acara Reuni Akbar 212 pada 2019 beserta satu buah kaus. Selain itu, sebuah kartu anggota FPI menjadi salah satu barang bukti penangkapan terduga teroris di Jakarta Timur.

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara

Tertulis nama identitas pemilik kartu anggota FPI tersebut, yakni Husein Hasny. Dalam kartu anggota FPI itu, Husein Hasni tertera berkedudukan sebagai Wakil Ketua Bidang Jihad. Dia memiliki NIF: 11.03.05/004.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya mengamankan dua terduga teroris di Jalan Raya Condet, RT5 RW3, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin siang, 29 Maret 2021. Kedua orang tersebut merupakan pasangan suami istri yang memiliki sebuah shorum mobil bekas dengan nama Kemilau Mobilindo. 

Sri Anita (47), salah satu saksi mata mengatakan, penangkapan terduga teroris tersebut berlangsung sangat cepat. Kurang dari sepuluh detik, pria berinisial itu berhasil ditangkap 

"Sangat cepat kejadiannya. Setahu saya cuma sendirian. Orangnya laki-laki berinisial H kalau gak salah," kata Anita.

Sebelumnya diberitakan, Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran mengatakan, dalam penggerebekan di bengkel bernama Sinergy Motor, di Jalan Raya Cikarang Cibarusah, Bekasi, Jawa Barat oleh Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri, mencokok seorang terduga teroris.

"Pelaku diduga pemilik bom dan bahan baku bahan peledak," ujar Fadil kepada wartawan, Senin, 29 Maret 2021.

Menurut Fadil, tim Gegana dan Laboratorium Forensik Polri sedang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). 

Fadil mengemukakan, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo akan menjelaskannya secara gamblang sore ini terkait penggerebekan terduga teroris di dua tempat berbeda hari ini. Satu lokasi lagi diketahui di kawasan Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur.
 

Baca juga: Moeldoko: Saya Khilaf, Saya Tak Mau Bebani Presiden

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya