Ganjaran Kombes Auliansyah Jadi Terbaik Tangani Kasus Perpajakan

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menerima penghargaan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Auliansyah Lubis menerima penghargaan sebagai Mitra Penegakan Hukum Pidana Terbaik 2020 Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Senin, 29 Maret 2021.

Terungkap, Wanita Open BO Ditemukan Tewas di Pulau Pari Dibunuh di Bekasi

Penghargaan tersebut diberikan di sela-sela acara penandatanganan kerja sama kerja sama antara Dirjen Pajak dan Badan Reserse Kriminal Kepolisian Negara Republik Indonesia (Bareskrim Polri) terkait penegakan hukum di bidang perpajakan.

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengungkapkan, penegakan hukum di Indonesia tidak dapat dilakukan sendirian. Penegakan hukum yang dilakukan DJP merupakan sebagian dari aktivitas penegakan hukum yang ada, yakni di ranah hukum perpajakan saja.

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

“Oleh sebab itu, DJP memerlukan kolaborasi dengan aparat penegak hukum lain (Polri dan Kejagung) supaya tujuan bersama dari penegakan hukum dapat tercapai,” ujar Suryo Utomo.

DJP dan Jampidsus Kejagung RI sepakat untuk melakukan koordinasi dalam rangka penyelarasan kebijakan serta penanganan tindak pidana di bidang perpajakan dan Tindak Pidana Pencucian Uang yang asalnya dari tindak pidana di bidang perpajakan.

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Selain itu, DJP dan Jampidsus Kejagung RI juga bersinergi dalam melakukan pertukaran data dan informasi, pengembangan kapasitas sumber daya manusia, serta koordinasi pencegahan tindak pidana yang menjadi kewenangan masing-masing pihak.

Selanjutnya, DJP dan Bareskrim Polri melakukan kerja sama dalam penegakan hukum meliputi pertukaran data dan informasi, penyelidikan dan penyidikan, koordinasi dan pengawasan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta pemanfaatan sarana dan prasarana.

”Dengan adanya penegakan hukum yang kolaboratif dan berintegrasi dengan berbagai aparat penegak hukum, DJP berharap dapat mencapai penerimaan pajak yang optimal,” ungkapnya.

Sementara itu Dirkrimsus Polda Mertro Jaya, Kombes Auliansyah Lubis menyatakan berterima kasih atas apresisasi yang telah diberikan Dirjen Pajak kepada instansinya. 

Dia berharap, melalui penghargaan ini dapat semakin meningkatkan kerja sama antara lembaganya dengan Dirjen Pajak.

“Sesuai dengan korwasbin Polri, kami akan selalu siap untuk memberikan bantuan baik itu dalam hal pembinaan terhadap penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) maupun jika diperlukan siap memberikan bantuan penyidikan terhadap sejumlah kasus perpajakan yang ada di wilayah Polda Metro Jaya,” kata Auliansyah.

Baca juga: Jurnalis Tempo yang Dianiaya Sedang Investigasi Kasus Suap Pajak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya