2.500 Pasukan Gabungan Amankan Pelaksanaan Paskah 2021 di Jakbar

Brimob Gelar Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA – Sebanyak 2.500 pasukan gabungan diterjunkan untuk mengamankan Jumat Agung dan Minggu Paskah tahun 2021, di wilayah Jakarta Barat.

Ribuan Orang Ikut Pawai Paskah di Jerman, Serukan Perdamaian untuk Ukraina dan Palestina

"Ada sekitar 2.500 personil gabungan yang diterjunkan dalam pengaman ibadah Jumat Agung maupun Minggu Paskah," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol. Ady Wibowo kepada media, Jumat 2 April 2021. 

Ady menambahkan, kesiapan pengamanan itu antara lain ditandai dengan pelaksanaan apel oleh 300 personel gabungan di wilayah Jakarta Barat, yang digelar di halaman Museum Kota Tua, Jakarta Barat, pada Jumat 2 April 2021.

Viral Pendeta Ini Rayakan Paskah dengan Kinder Joy Imbas War Takjil

Dia bahkan memastikan bahwa kegiatan pengamanan Paskah 2021 di wilayah Jakarta Barat, masih berlangsung dengan aman dan kondusif sampai saat berita ini ditulis. "Alhamdulillah, semua pelaksanaan kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik," ujar Ady.

Pelaksanaan pengamanan Paskah 2021 ini dikatakan Ady terbagi dalam beberapa hari, mulai dari Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu suci, dan Minggu Paskah pada esok lusa.

Presiden AS Joe Biden Dikritik Gegara Umumkan Hari Transgender Bersamaan dengan Hari Paskah

Ady menjelaskan, rangkaian pengamanan yang panjang ini juga telah mendapat dukungan dari sejumlah pihak, misalnya dari Kodim 0503 Jakarta Barat maupun dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat.

Selain itu, lanjut Ady, ada juga dukungan dari masyarakat dalam pengaman sampai hari Paskah nanti, sehingga Polres Jakbar bisa mengalokasikan dan menentukan pengamanan yang cukup maksimal.

"Kami juga mendapat dukungan pengamanan dari Polda Metro Jaya dan juga dari Kodam, yang diberikan untuk pengaman di wilayah Jakarta Barat," kata Ady.

Sinergi bersama tiga pilar juga akan melaksanakan Patroli Gabungan berskala besar di wilayah Jakarta Barat. Saat ini, diketahui ada 120 gereja di wilayah Jakarta Barat, di mana terdapat 48 gereja yang melakukan kegiatan ibadah secara daring atau online.

"Sekitar 72 gereja melaksanakan kegiatan dengan cara tatap muka," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya