Amankan Paskah, Wakapolda: Petugas yang Terakhir Tinggalkan Gereja

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Hendro Pandowo di Cimanggis Depok
Sumber :
  • VIVA/ Zahrul Darmawan

VIVA – Wakil Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya, Brigjen Hendro Pandowo, memastikan seluruh kegiatan rangkaian pelaksanaan kegiatan paskah berjalan lancar. Tercatat, ada sekira 5.300 personil gabungan, TNI-Polri yang dikerahkan untuk pengamanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya (PMJ).

Mengapa Umat Kristen Merayakan Paskah? Simak Sejarah beserta Maknanya

“Gereja-gereja yang ada di PMJ ada kurang lebih 900 gereja yang diamankan kurang lebih 5.300 personil. Kalau di Depok ada 90 gereja yang diamankan kurang lebih 450 personil,” katanya saat meninjau pengamanan di Gereja Bethel, Depok, Jawa Barat pada Minggu 4 April 2021

Dari hasil pantauan sementara, kata Hendro, rangkaian pelaksanaan pengamanan kegiatan paskah berjalan lancar aman, tertib dan kondusif.

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

“TNI-Polri siap amankan dan menjamin pelaksanaan kegiatan paskah hingga berakhir. Dan saya sampaikan pada Dandim dan Kapolres di gereja Bethel Depok ada 20 personil yang mengamankan dipimpin oleh kapolseknya.”

Dalam kesempatan tersebut, Hendro sempat mengingatkan, personil yang berjaga harus siaga penuh sampai proses kegiatan berakhir dan memastikan situasi berlangsung aman.

Minggu Palma Jelang Paskah, Israel Larang Umat Kristen Gaza Pergi ke Gereja

“Saya ingatkan, bahwa petugas adalah yang terakhir meninggalkan gereja, ketika jemaah sudah selesai melaksanakan kebaktian kemudian dilakukan pengecekan aman baru petugas meninggalkan gereja,” tegasnya.

Lebih lanjut ketika disinggung soal sampai kapan status siaga satu berlaku, Hendro mengaku hal itu merupakan kebijakan Kapolri.

“Kita menunggu petunjuk dari Mabes Polri,” ujarnya didampingi Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Imran Edwin Siregar dan Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Israk Mi’raj

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya