AC Meledak Sebabkan Kebakaran Rumah di Cakung, Ini Kronologinya

Kebakaran rumah di Cakung akibat AC meledak
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus (Jakarta)

VIVA – Sebuah rumah terbakar di Kampung Jembatan, Kelurahan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Kebakaran tersebut diduga diakibatkan oleh ledakan yang berasal dari Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan.

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan

Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, ledakan itu diakibatkan oleh korsleting listrik dan memicu kebakaran pada rumah. Kejadian tersebut bermula ketika arus listrik tersebut terputus pada Senin malam, 5 April 2021, sekitar pukul 18.00 WIB.

"Karena arus listrik terputus pada meteran, pemilik rumah kemudian menaikkan kembali meteran listrik. Setelah menaikkan meterannya, AC rumah itu langsung meledak," kata Gatot dalam keterangannya.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

Baca juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek: Ada Hujan Ringan hingga Lebat

Gatot menambahkan, api dari ledakan itu selanjutnya mulai menjalar ke dalam rumah dan membakar ruangan lantai dua rumah tersebut. "Beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun, kerugian materiil mencapai Rp70 juta," tambahnya.

Puslabfor Polri Selidiki Kasus Kebakaran Maut Toko Frame Mampang

Pihak pemadam kebakaran menerima laporan kebakaran itu pukul 18.15 WIB. Sebanyak 15 unit mobil pemadam beserta 70 personel langsung dikerahkan.

Kebakaran Pabrik Rotan di Desa Karangasem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon

Kebakaran Pabrik Rotan di Cirebon, Kerugian Capai Rp10 Miliar

Kebakaran Besar di Pabrik Rotan Desa Karangasem, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024