Diduga Ada Masalah Keluarga, Pedagang Bakar Diri di Tengah Pasar

Petugas membawa pedagang pasar Parung Panjang yang bakar diri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Seorang pedagang di Pasar Parungpanjang nekat membakar diri di tengah pasar, Jumat, 9 April 2021. Pria berusia 54 tahun berinisial AN itu mengalami luka bakar serius dan dilarikan ke rumah sakit.

Hamas Salahkan Pemerintah AS Atas Kematian Aaron Bushnell, Militer yang Bakar Diri Bela Palestina

Berdasarkan informasi dari pedagang lain, AN yang sudah berjualan selama 17 tahun di pasar tersebut sempat curhat ada permasalahan keluarga.

"Jadi korban memang sudah ada rencana sudah lama bilang mau bakar diri tapi saya tidak tanggapi sekarang terbukti," kata Kepala Keamanan Pasar Parungpanjang Muhammad Kurnia Kepala Keamanan Pasar Parungpanjang.

Sedih! Ini Kata-kata Terakhir Tentara AS yang Bakar Diri untuk Bela Palestina Sebelum Tewas

Dari video yang diterima VIVA, kejadian terjadi sekitar pukul 12.00 WIB.  Aksi bakar diri yang dilakukan AN, sempat direkam dan membuat para pedagang dan pengunjung pasar panik. AN yang membakar diri sempat berguling merintih kepanasan. Api pun sempat menyambar dagangan di lokasi.

Sementara itu, Kapolsek  Parungpanjang Komisaris Polisi Wagiman mendatangi lokasi kasus bakar diri. Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan pihak kepolisian diketahui bahwa kejadian tersebut bermula pada pukul 12.00 WIB.

Ini Kalimat yang Diucapkan Tentara AS Sebelum Bakar Dirinya Sendiri di Depan Kedutaan Israel

"Tadi pukul 12 sewaktu saya akan salat Jumat ada warga yang memberitahukan ke masjid bahwa ada orang yang membakar dirinya. Dengan laporan tersebut saya langsung datang ke TKP melakukan pengecekan dan ternyata benar," ujarnya.  

Wagiman menambahkan, "Setelah sampai di TKP sudah ditemukan yang bersangkutan dengan inisial AN sudah dalam keadaan terluka akibat terbakar tergeletak. Kemudian saya minta bantuan para pedagang lainnya dan mengambil keranda di masjid kemudian saya bawa ke Puskesmas."

Wagiman menjelaskan kronologi AN datang ke Pasar Parungpanjang  seorang diri membawa bensin di dalam botol air mineral. Secara tiba-tiba menyiramkan bensin ke sekujur tubuhnya. Kemudian membakar diri dengan sebuah korek api. Saat kejadian api sempat merambat membakar pakaian pedagang di sekitar lokasi. "Kios tidak ada yang kebakar, hanya sedikit baju-baju pedagang lain yang terbakar di sekitar situ," ujarnya.

Polisi masih mendalami motif bakar diri yang dilakukan oleh AN. Saat ini kondisi AN kritis namun masih bisa berbicara. "Setelah sampai di Puskesmas karena luka bakarnya agak berat lebih dari 50 persen sehingga di rujuk ke RS umum daerah di Tangerang,” ujarnya.

Dia menambahkan, Motifnya secara pasti masih proses penyidikan, tetapi saksi mengatakan ada masalah keluarga. Kondisi korban saat ini sudah dibawa ke rumah sakit Tangerang, Korban masih bisa bicara namun masih kondisi kritis.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya