Ratusan Kios di Pasar Inpres Pasar Minggu Disebut Hangus Terbakar

kebakaran di Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fajri

VIVA – Bangunan yang bertingkat membuat pihak Pemadam Kebakaran (Damkar) kesulitan pada saat melakukan pemadaman api yang melanda Pasar Inpres Pasar Minggu, Jakarta Selatan Senin,12 April 2021.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

"Kesulitannya karena ini bangunan bertingkat, jadi petugas harus masuk ke sela-sela gedung," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Satriadi Gunawan kepada wartawan di lokasi, Senin, 12 April 2021.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Selatan, Sugeng mengatakan, pihaknya dalam memadamkan api di lokasi sangat berhati-hati untuk masuk ke area gedung yang terbakar.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

"Kita hati-hati sekali karena takutnya atap runtuh dan bisa membahayakan keselamatan petugas," imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun sementara di lokasi, sedikitnya 80 kios sudah hangus terbakar di Gedung Blok C.

Polisi Amankan Bocah Pemicu Kebakaran Bekasi, Lebaran Muhammadiyah Diprediksi Sama dengan Pemerintah

"Sekitar 80-an lah, itu baru yang di lantai dasar ya. Kalau totalnya belum tahu, mungkin ratusan," ujar Bambang seorang pedagang Pasar Inpres ketika ditemui di lokasi.

Bambang menyebut untuk lokasi yang terbakar mayoritas kios menjual kebutuhan pokok atau sembako.

Pantauan VIVA di lokasi saat ini, api sudah berhasil dipadamkan pukul 21.50 wib. Proses pemadaman api memakan waktu kurang lebih sekitar tiga jam dari pukul 18.30 hingga 21.45 WIB.

Sebanyak 31 unit mobil Damkar dan 220 personel dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api. Saat ini petugas Damkar masih melakukan proses pendinginan guna memastikan sudah tidak adanya titik api.

Sebelumnya diberitakan, Kebakaran yang melanda Pasar Inpres di Pasar Minggu, Jakarta Selatan belum juga padam hingga pukul 21.15 WIB. Dari pantauan VIVA di lokasi, petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) mengerahkan sebuah robot pemadam LUF 60 guna memadamkan api.

Para petugas pemadam kebakaran yang berada di lokasi pun tampak mengambil air dari kali Pasar Minggu, yang letaknya berdekatan dengan lokasi kebakaran. Selain itu, 1 unit LUF 60 tersebut diterjunkan di Blok C Pasar Inpres Pasar Minggu.

Para petugas pun mengimbau kepada para penghuni pasar untuk tidak mendekat ke lokasi kejadian, agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

"Diimbau untuk tidak mendekat," ujar salah satu petugas pemadam kebakaran di lokasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya