Jalan GDC Depok Ambruk Diduga karena Jembatan Lapuk

Ruas Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC), Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA/ Zahrul Darmawan.

VIVA - Sebagian ruas Jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC), Depok, Jawa Barat, ambruk usai diguyur hujan deras pada Senin malam, 12 April 2021. Akibat kejadian ini, arus lalu lintas menuju kawasan Cilodong terpaksa dialihkan menjadi satu jalur.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Peristiwa itu terjadi tepat di seberang markas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. Adapun titik ambles terjadi sepanjang lebih dari 80 meter dengan lebar sekitar 50 meter.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dadan Rustandi, menduga pemicunya adalah kondisi jembatan yang telah lapuk.

Polri Petakan Jalur Rawan Kecelakaan Saat Mudik, Terutama di TransJawa

“Mungkin ini jembatan yang sudah lama, nah sebenarnya ini tuh sedang kita rencanain perbaikan, namun kejadiannya lebih duluan,” katanya di lokasi kejadian pada Selasa, 13 April 2021.

Baca juga: Waspada Ada Lubang Besar Depan GDC Depok

Protes Jalan Rusak dan Berlumpur, Warga Tanam Pohon Pisang

Selain kondisi jembatan, faktor cuaca juga berpengaruh.

“Betul karena air, ada bocoran-bocoran, kita coba lihat. Jadi kita lihat memang itu karena pondasi sudah lama lapuk dihantam air. Nah air kemarin kan hujan besar sehingga tidak tahan pondasi itu dan menyebabkan jembatan ambruk.”

Ia membantah jika peristiwa ini dikaitkan dengan perbaikan Jalan Boulevard belum lama ini.

“Oh lain, itu jelas beda. Kita enggak ada hubungan dengan pekerjaan tahun lalu. Ini (jembatan) memang direncanakan tahun ini, kita mau bangun jembatan lagi karena kita sudah antisipasi ini tidak layak,” katanya.

Dadan memastikan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Hanya saja, dua gerobak pedagang ikut jatuh ke kali.

Belum diketahui secara pasti berapa lama proses perbaikan, namun garis pembatas polisi telah terpasang di sekitar lokasi kejadian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya