Kali Sunter Meluap, Cipinang Melayu Kembali Terendam Banjir

Kondisi Banjir di Cipinang Melayu malam ini mulai surut.
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus (Jakarta)

VIVA – Banjir kembali melanda RW 04, Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Rabu 14 April 2021. Banjir yang terjadi sejak sore tadi sekitar pukul 17.30 WIB ini baru mulai surut sekitar pukul 23.00 WIB.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Sutomo (45), warga Cipinang Melayu mengatakan, pada saat sebelum terjadi banjir, hujan di lokasi masih tergolong ringan hingga sedang. Namun, menjelang magrib, air mulai meluap dari Kali Sunter yang tak jauh dari pemukiman warga.

"Hujannya enggak terlalu besar, tapi tadi sebelum magrib air mulai meluap dari kali (Sunter) di sebelah. Ini banjir kiriman [banjir bandan] dari hulu Kali Sunter," kata Sutomo, kepada VIVA, Rabu malam. 

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

Menurut Sutomo, ketinggian air di Cipinang Melayu sempat mencapai satu meter sebelum akhirnya surut. Melihat ketinggian air yang terus bertambah, warga langsung berupaya menyelamatkan barang ke tempat yang lebih tinggi agar tidak terendam banjir. 

"Tadi pas airnya naik, saya langsung pindahkan barang-barang di bawah ke lantai dua biar aman. Soalnya ada barang elektronik, jadi biar enggak rusak," jelasnya.

Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Berdasarkan pantauan VIVA di lokasi pada pukul 23.40 WIB, warga tampak masih bersiaga. Sebab, pada hulu Kali Sunter masih berstatus siaga satu. 

Hingga kini, sejumlah rumah yang berada di ujung bawah Jalan Haji Amsir, Cipinang Melayu masih terendam banjir dengan ketinggian mencapai 30 sentimeter. Sejumlah petugas dari Dinas Badan Air masih terus berupaya menyedot air.

Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024